Mungkin pernah diantara teman-teman yang pernah mengalami menginstal sebuah tema pada wordpress memiliki navigasi yang kurang sempurna. Menu yang ada pada website berisi link-link yang mengarah pada halaman tertentu. Setiap website pastinya memiliki jumlah menu yang berbeda-beda tergantung dari jenis websitenya.  Tab menu biasanya digunakan untuk menampilkan halaman tertentu, seperti halaman home, kontak, tentang, daftar isi, dsb. Atau yang dianggap penting oleh pemilik blog tersebut, seperti halaman penawaran produk tertentu.

Untuk membuat menu pada website, Anda harus memahami menu apa saja yang akan membantu pengunjung menemukan yang mereka cari ketika mengunjungi website Anda.

Tips Membuat Navigasi

  1. Logo Halaman Utama

Biasanya untuk setiap logo website memiliki arah tautan link menuju ke halaman utama. Ini akan membantu pengunjung ketika ingin mengakses konten lain dari website Anda. Fungsi ini nantinya akan membantu pengunjung website jika ingin kembali ke halaman utama dari website Anda.

  1. Batasi Menu (Min 7)

Selain mudah diingat, website juga bisa terlihat rapi tidak terkesan penuh karena kebanyakan menu. Disarankan untuk menu maksimal memiliki tujuah buah. Hal ini karena memori jangka pendek manusia

  1. Hindari Menu drop down menu 

Menu drop down sebaiknya tidak lebih dari tiga menu di bawahnya. Jika website Anda memiliki banyak menu, hindari menggunakan menu drop down. 

  1. Gunakan Mega Menu

Mega menu ini digunakan untuk menghindari penggunaan menu drop down yang terlalu banyak.

  1. Buat desain Website Anda responsif

Supaya menu Anda dapat diakses dengan baik melalui perangkat mobile, pastikan untuk template yang Anda gunakan sudah responsif

Cara membuat Menu WordPress

  1. Login ke akun wordPress
  2. Ada 2 pilihan antara kategori atau halaman yang bisa Anda tambahkan untuk menjadi menu baru, bisa disesuaikan dengan kebutuhan website.
  3. Untuk menambahkan kategori baru silahkan klik pada ‘Post’ lalu ‘Category’, silahkan isikan kategori yang akan ditampilkan, kami mencontohkan dengan ‘Kategori Baru’ jika sudah silahkan pilih ‘Add New Category’. Jika benar nantinya kategori yang sudah ditambahkan akan berada pada sebelah sampingnya. 
  4. Untuk menambahkan halaman menjadi menu, caranya silahkan klik pada ‘Pages’ lalu ‘Add New’, beri judul sesuai yang Anda inginkan, kami mencontohkan dengan ‘Halaman Baru’ jika sudah silahkan klik publish. 
  5. Jika keduanya sudah, silahkan buka pada menu ‘Appearance’ kemudian ‘Menus’, Anda akan dihadapkan dashboard Menus WordPress. Anda bisa menambahkan Kategori dan Halaman menjadi menu.
  6. Pastikan sebelumnya Anda membuat ‘Menu Name’ baru.
  7. Untuk memasukan ‘Pages’, silahkan klik pada menu ‘Pages’ kemudian berikan tanda centang pada halaman yang akan dimasukan menu, kemudian klik ‘Add to Menu’. 
  8. Untuk menambahkan ‘Categories’ menjadi menu, silahkan berikan tanda centang pada kategori yang ingin dimasukan menu, kemudian klik ‘Add to Menu’. 
  9. Pada Menu Structure, silahkan pilih ‘Primary Menu’ untuk menampilkan menu pada bagian atas, kemudian klik ‘Save Menu’. 
  10. Silahkan cek pada alamat website Anda apakah sudah berhasil atau belum

IMSNet.id memiliki rekomendasi layanan penjualan domain hosting yang memiliki harga menarik, harga terjangkau disetiap bulannya. Anda sudah bisa mendapatkan Hosting dengan domain TLD. Untuk template website, Anda bisa mencarinya sendiri sudah banyak yang share tinggal download saja

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *