File:Versus icon.png

Ketika disebutak kata “WordPress” dan “Blogspot”. Apa yang ada di benak Anda? Keduanya merupakan platform yang biasa digunakan untuk membangun sebuah website atau blog. Lalu manakah yang lebih baik digunakan? 

Menurut sumber dari Wikipedia, Blogspot adalah layanan publikasi blog yang dimiliki oleh Google. Semua blog yang ada di server google memiliki subdomain .blogspot, tetapi untuk pengguna bisa melakukan custom domain sesuai dengan yang diinginkan tetapi server masih tetap ada di google. Karena Blogspot dimiliki oleh Google, maka fitur bawaan, support, dan maintenance berada di tangan Google.

WordPress merupakan sistem manajemen konten (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia. Secara umum, sistem manajemen konten adalah aplikasi web yang memperbolehkan pemilik, editor, dan author untuk mengelola website dan menerbitkan konten tanpa harus menguasai istilah teknis dan bahasa pemrograman terlebih dulu. Dan bersifat open source

  1. Penggunaan blogspot lebih mudah dan cepat

Untuk bisa menggunakan blogspot anda harus mempunyai akun google. Blogger akan memberikan notifikasi untuk Anda sehingga dapat memilih tema serta memasukkan judul di blog Anda. Bagi Anda yang belum mempunyai nama domain, Blogger akan memberi beberapa pilihan nama untuk blog Anda untuk dijadikan alamat URL. Sedangkan website Anda harus menginstall terlebih dahulu serta mengaktifkan WordPress tersebut. Akan ada sejumlah fitur dan opsi yang ditawarkan kepada Anda. Beragam fitur yang ditawarkan memberikan keunggulan untuk pengguna WordPress karena Mereka bisa menggunakan kreatifitas yang dimilikinya untuk membuat suatu konten.

  1. Kepemilikan

Anda memegang peran sebagai penyewa pada platform Blogspot. Sedangkan pemiliknya adalah Google. maka anda harus taat dan patuh terhadap peraturan yang dibuat oleh Google. Sedangkan wordpress bersifat  open-source. Anda dapat melakukan konfigurasi, install plugin, dan menyesuaikan sendiri pengaturan sesuai yang anda kehendaki.

  1. Tampilan

Tampilan default blogspot terbatas. Ketika Anda ingin mengubah tampilan seperti warna dan tampilan dapat Anda ubah melalui tools yang tersedia. Ketika Anda ingin mengubah tampilan yang lebih menarik tersedia dari pihak ketiga. Sedangkan wordpress tersedianya ribuan template gratis dengan tampilan menarik, sehingga website Anda akan terlihat profesional.

  1. Performa

Blogspot merupakan platform hosted yang didukung Google. Sehingga ketika berbicara mengenai performa sudah tidak perlu diragukan lagi. website yang berbasis Blogspot menggunakan desain simpel sehingga performa tidak menjadi sebuah masalah. WordPress juga sebenarnya mempunyai waktu loading yang cepat. Namun, karena platform WordPress yaitu self-hosted, maka performa dari website atau blog Anda akan lebih bergantung kepada provider hosting yang Anda pilih. Jai pilihlah provider hosting yang baik dan tepat.

  1. Kapasitas penyimpanan

kapasitas penyimpanan blogspot 15 GB. Sedangkan pada WordPress, Anda bebas menentukan sendiri kapasitas penyimpanan di tempat anda menyewa Hosting. 

  1. Keamanan

Dari segi keamanan, Blogspot memiliki sisi keamanan yang unggul didukung oleh Google. Jadi, website Anda di support sepenuhnya oleh Google yang tentunya dari segi keamanan tidak diragukan lagi. Platform WordPress bersifat  platform open-source, membuat para Hackers mengincarnya, WordPress memberi kesempatan untuk para user platform tersebut agar dapat melindungi website yang dimilikinya menggunakan berbagai cara. Anda bisa menggunakan provider yang menyediakan keamanan canggih sehingga tidak mudah ditembus oleh para Hacker.

Setelah membaca beberapa point Perbedaan Blogspot dan WordPress dari segi penggunaan, performa, keamanan, dan tingkat fleksibilitas tentu sudah bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk bisa memilih platform tersebut. WordPress memungkinkan Anda melakukan lebih banyak hal dengan blog atau situs Anda daripada yang bisa Anda bisa lakukan dengan Blogspot. Seperti custom desain/template, kapasitas penyimpanan, akses, kepemilikan, hingga support dan maintenance.

Untuk layanan web dan hosting percayakan kepada kami IMSNet.id kami menyediakan paket hosting sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan. Dengan dukungan LiteSpeed Web Server, waktu loading website Anda akan meningkat pesat. Teknologi keamanan Imunify 360, website Anda terlindung dari serangan hacker, malware, dan virus berbahaya setiap saat.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *