Gambar : pixhere

Dalam kehidupan sehari- hari kita sebagai manusia tentu tidak akan lepas dengan kegiatan berkomunikasi, entah berkomunikasi secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi merupakan hal dasar kehidupan untuk menjalin sebuah hubungan dengan orang lain.

Masa perkembangan teknologi yang canggih, media komunikasi juga mengalami perkembangan cepat. Munculnya social media memungkinkan seseorang berkomunikasi dengan siapapun melalui jaringan internet. Pengertian komunikasi dapat dimaknai sebagai jalannya proses dimana seseorang maupun sekelompok orang menciptakan serta menggunakan sejumlah informasi agar saling terhubung dengan lingkungan sekitar.

Pengertian Komunikasi menurut para ahli

Pengertian komunikasi menurut James A.F. Stoner adalah sebuah proses yang dilakukan seseorang untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain. hal ini bertujuan agar anda dapat menjalin sebuah hubungan dengan baik.

Pengertian komunikasi menurut Roger dan D. Lawrence Kincaid adalah tahapan yang dilakukan dua orang atau lebih  untuk bertukar informasi, untuk memberikan sebuah pengertian yang bersifat mendalam antara kedua belah pihak harus terjadi proses tukar informasi

Jadi komunikasi adalah suatu tindakan atau kegiatan yang dilakukan untuk mentransfer informasi dari suatu tempat, orang, atau kelompok ke tempat lainnya.

Setelah mengetahui pengertian dari komunikasi maka selanjutnya kita akan membahas mengenai tujuan dari adanya komunikasi. Komunikasi dilakukan biasanya mempunyai tujuan untuk menyampaikan sebuah informasi, kadang sebuah informasi disampaikan kepada seseorang yang tujuan akhirnya untuk mengubah pola pikir dari target audiens kita tentang suatu hal. Tak jarang komunikasi dilakukan oleh seseorang guna melupakan emosi baik itu terkait dengan kesedihan, marah, rasa bahagia, ketakutan, dan lain sebagainya. Bagi seorang pelaku usaha komunikasi juga berfungsi untuk memangkas biaya iklan, sebab dengan komunikasi yang baik kita dapat mempromosikan produk atau layanan jasa kita melalui ucapan (cerita) kepada orang lain atau memasangnya di media sosial masing-masing.

Syarat- syarat Komunikasi

  • Adanya Sumber/Source untuk disampaikan.
  • Adanya Komunikator sebagai pemberi pesan.
  • Adanya Komunikan Sebagai Penerima Pesan
  • Adanya Pesan Yang Disampaikan
  • Adanya Saluran/Effect tempat berlangsungnya proses komunikasi.

Macam-macam komunikasi

  1. Komunikasi berdasar cara penyampaian

Komunikasi verbal: Komunikasi secara verbal dimaknai sebagai jenis komunikasi yang terjadi secara langsung tanpa ada batasan jarak. Misalnya, dalam suatu rapat, wawancara maupun percakapan biasa.

Komunikasi non-verbal: merupakan jenis media komunikasi yang penyampaiannya dilakukan dalam bentuk tulisan. Misalnya, naskah, spanduk, undangan dan sebagainya.

  1. Komunikasi berdasarkan maksud dan tujuan

Contohnya seperti komunikasi pidato, pemberian saran atau trik, memberikan perintah, memberikan ceramah dan wawancara.

  1. Komunikasi berdasarkan Ruang Lingkup

internal . komunikasi internal merupakan komunikasi yang terjadi di lingkungan perusahaan atau instansi. Komunikasi internal bisa berupa komunikasi vertikal, horizontal maupun diagonal.

Eksternal, komunikasi eksternal komunikasi yang terjalin antar organisasi maupun masyarakat dalam berbagai macam bentuk. Misalnya, konferensi pers, pameran, publikasi, siaran televisi maupun bakti sosial.

  1. Komunikasi berdasarkan aliran

Komunikasi satu arah, yakni komunikasi yang berasal dari salah satu pihak saja. Komunikasi dua arah, yaitu komunikasi yang mempunyai sifat saling memberikan timbal balik. Komunikasi ke bawah, yakni komunikasi dari atasan dengan bawahan. Komunikasi ke atas, yaitu komunikasi yang berasal dari seorang bawahan kepada atasan. Komunikasi ke samping, yakni komunikasi yang terjalin di antara beberapa orang pada kedudukan setara.

Salah satu media yang bisa digunakan untuk komunikasi adalah website dan blog. Untuk Anda yang ingin mempunyai sebuah website dan bog  sekarang bisa mendapatkannya Solusi untuk website instan tanpa ribet dari IMSNet.id, cukup dengan biaya mulai dari Rp 12.900/bulan Anda sudah bisa memiliki website pribadi. Tunggu apalagi jalin komunikasi secara online dengan website sekarang juga.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *