Pengertian Sertifikat SSL

SSL merupakan singkatan dari Secure Sockets Layer, suatu teknologi keamanan standar global yang memungkinkan komunikasi terenkripsi antara peramban web dan server web SSL merupakan sebuah teknologi yang memberikan keamanan bagi kamu yang menjadi pengelola sebuah website.  Pastinya sebagai administrator website, kamu ingin agar website serta pengunjungnya, aman terlindungi. Nah, dengan menggunakan sertifikat SSL, semua jenis komunikasi sudah ditransmisi melalui enkripsi sehingga aman berada di pihak ketiga.

Bagaimana pengunjung bisa mengetahui bahwa situs web saya menggunakan sertifikat SSL? 

  1. Ada empat petunjuk visual:
  2. Gembok di sebelah kiri URL
  3. Prefiks URL https dan bukan http
  4. Segel Kepercayaan
  5. Bilah alamat berwarna hijau (saat sertifikat EV SSL diterbitkan)

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai SSL Berdasarkan validasi domain

Sertifikat SSL jenis ini dibedakan dari bagaimana metode nama domain yang diajukan akan divalidasi.

  1. Domain Validate (DV) SSL

Validasi domain berdasarkan alamat email yang di hosting pada domain tersebut.  Sering digunakan oleh entry level, perorangan, atau mereka yang ingin proses issue-ing SSL yang cepat. Jenis ini populer di kalangan para blogger.

  1. Organization Validate (OV)

pihak pengaju akan memberikan dokumen – dokumen mengenai bukti identitas organisasi/perusahaan. memerlukan verifikasi beberapa dokumen usaha seperti SIUP/TDP/Akta perusahaan. Prosesnya lebih lama karena harus dicek dokumennya.

  1. Extended Validation (EV) SSL

Selain diperlukannya sebuah dokumen nantinya pihak pengaju akan menerima sebuah surat untuk verifikasi.  digunakan oleh mereka yang ingin mencapai highest trust level SSL dan juga branding karena tersedia fitur Greenbar pada URL.

Berdasarkan domain yang diamankan

Satu sertifikat SSL bisa berisi hanya satu nama domain juga atau lebih. Dan ini bisa dikombinasikan dengan jenis sertifikat SSL diatas.

Single domain SSL

Sesuai namanya Sertifikat SSL hanya berlaku untuk satu nama domain. Jika Anda memasang SSL untuk Domain contohdomain.id, maka website dengan nama Domain tersebut akan dijamin keamanannya oleh sertifikat SSL yang digunakan.  Contoh contohdomain.id atau blog.contohdomain.id

Multi domain SSL

SSL ini dalam satu sertifikat SSL bisa lebih dari satu nama domain. Berapa jumlahnya tergantung penyedianya. Nama Domain tambahan yang dimasukkan ke sertifikat SSL harus memenuhi syarat Fully-Qualified-Domain-Name (FQDN) atau dengan kata lain telah aktif nama Domainnya.

Wildcard SSL

enis sertifikat SSL ini sifatnya seluruh subdomain dalam domain tersebut akan valid. SSL jenis ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin menekan biaya administrasi namun tetap mendapatkan jaminan keamanan yang menyeluruh.

IMSNet.id selaku penyedia domain hosting di Indonesia selalu berupaya untuk memberikan informasi menarik kepada semua pelanggannya, salah satunya lewat artikel ini. Jika Anda membutuhkan hosting dengan  akses cepat bisa langsung saja pesan di IMSNet.id

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *