Interior of rack mounted servers close up in data center

Kita tentu mengenal Dalam suatu jaringan ada beberapa macam jenis jaringan komputer. Kita sering menyebutnya  jaringan LAN, MAN, DAN WAN.  LAN, MAN dan WAN merupakan tiga jenis utama jaringan yang dirancang untuk beroperasi di area yang dicakupnya. Ada beberapa persamaan dan perbedaan di antara mereka. Salah satu perbedaan jaringan lan man wan adalah wilayah geografis yang dicakupnya.  Yaitu LAN mencakup wilayah terkecil; MAN mencakup area yang lebih besar dari LAN, dan WAN terdiri dari yang terbesar.

Jaringan LAN

suatu jaringan komputer dimana cakupan wilayah jaringannya sangat kecil atau terbatas. Misalnya, jaringan komputer kantor, sekolah, rumah, atau di dalam satu ruangan saja. Sebuah jaringan yang dibangun pada sebuah lokasi seperti di rumah maupun gedung perkantoran. Bisa diartikan juga sebagai sebuah sistem komunikasi komputer yang jaraknya dibatasi tidak lebih dari beberapa kilometer dan menggunakan koneksi high-speed antara 2 hingga 100 Mbps.

Karakteristik jaringan LAN berada dalam ruang lingkup geografi yang lebih sempit (area kantor, kampus, sekolah, dan rumah). memiliki kecepatan perpindahan data yang lebih tinggi dan tidak membutuhkan akses internet

Jaringan MAN

Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan yang lebih luas daripada Local Area Network (LAN).  Area yang digunakan dalam jaringan MAN adalah dalam sebuah negara. Dalam hal ini, jaringan komputer menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan Local Area Network (LAN) ke dalam lingkungan area yang lebih besar. Beberapa Local Area Network (LAN) menjadi satu jaringan dapat juga disebut Metropolitan Area Network (MAN).

Suatu jaringan area metropolitan (MAN) adalah jaringan komputer yang biasanya mencakup sebuah kota atau kampus yang besar. MAN biasanya interkoneksi sejumlah jaringan area lokal (LAN) menggunakan teknologi backbone berkapasitas tinggi, seperti serat- optik link, dan menyediakan layanan up-link untuk jaringan area luas (atau WAN) dan Internet.

Karakteristik Jaringan MAN
  1. Meliputi area seluas antara 5 dan 50 kisaran km. Banyak MAN mencakup area perkotaan.
  2. Sebuah MAN (seperti WAN) umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi. MAN, komunikasi linknya dan peralatan, umumnya dimiliki oleh salah satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia layanan jaringan yang menjual layanan kepada pengguna.
  3. MAN sering bertindak sebagai jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagi sumber daya daerah. Hal ini juga sering digunakan untuk menyediakan koneksi bersama untuk jaringan lain dengan menggunakan link ke WAN.
  4. MAN berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN.
  5. Hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak memiliki elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel . Adanya elemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana
Jaringan LAN.

Wide Area Network (WAN) adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit.

Karakteristik WAN
  1. Untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang tidak dapat dihubungkan melalui jaringan LAN dan MAN, oleh karena itu jaringan WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan yang luas.
  2. WAN memiliki cakupan area yang luas.
  3. Menggunakan koneksi serial dari berbagai macam jenis untuk dapat mengakses bandwidth dalam lokasi yang berjauhan.
  4. Dapat melakukan paket data maupun frame antar router atau switch dan jaringan LAN yang sudah dibangun.
  5. Bekerja pada layer physical dan data link dari layer OSI.

Terlepas dari itu, jikalau saat ini sedang mencari server berkualitas untuk mengakomodir kebutuhan website Anda, jangan ragu untuk memilih IMSNet.id yang menyajikan beragam paket web hosting berkualitas dengan performa handal.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *