ICT atau kepanjangan dari Information and Communication Technology merupakan payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. (wikipedia)

Kemajuan dalam bidang Teknologi Informasi merupakan sesuatu yang patut kita syukuri karena dengan kemajuan tersebut teknologi memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaan dan tugas yang harus dikerjakannya.  Salah satunya manfaat kemajuan teknologi ini dirasakan dalam bidang bisnis. Pada bidang bisnis, biasanya sistem komputer digunakan untuk memproses gaji, data statistik, dan akunting (keuangan). Sistem komputer melakukan otomatisasi pekerjaan-pekerjaan rutin kantor. Selain itu kemajuan teknologi ini juga digunakan untuk pengawasan stok barang, membuat laporan keuangan, meramal, dan merencanakan bisnis masa depan.  

Sistem Informasi Manajemen (SIM) dikembangkan oleh perusahaan untuk menyediakan informasi terkini mengenai operasi perusahaan dan membantu membuat keputusan perusahaan. Adapun dari sisi pelanggan, peranan sistem komputer adalah meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan kualitas layanan. Bagi bisnis perdagangan, seperti department store, sistem informasi manajemen memungkinkan pencatatan transaksi secara mudah serta  Keefisienan waktu.

Salah satu contoh pemanfaatan ict adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau sering disebut dengan e-commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.

Keuntungan  menggunakan kecanggihan teknologi informasi yang  didapat dalam  dunia bisnis  antara adalah
  1. Sistem yang serba otomatis, sehingga akan menghemat penggunaan alat tulis dan tenaga kerja yang berlebih.
  2. Efisien waktu dan biaya.  Apabila waktu tadi kita konversikan ke biaya maka akan mendapatkan penghematan sekian rupiah. Sebagai contoh misalkan suatu pekerjaan akan memakan waktu seharian dalam menghasilkan suatu barang, dengan pemanfaatan teknologi maka pekerjaan itu akan diselesaikan dalam kurun waktu kurang dari 2 jam, nah sehingga waktu yang dibutuhkan akan menjadi lebih sedikit serta adanya penghematan biaya.
  3. Kemudahan dan kecepatan dalam pengambilan suatu keputusan.
  4. Penghematan anggaran promosi. karena promosi lewat website akan sangat murah dan konsumen dapat melihat profil perusahaan dari mana saja diseluruh dunia.
  5. Dengan IT maka sistem akan dapat terintegrasi di semua kantor atau perusahaan sehingga hal ini akan dapat meningkatkan kecepatan dalam merespon sesuatu dan pihak manajemen akan dengan cepat mengetahui kondisi perusahaannya tanpa harus berkunjung ke kantor cabang yang jauh dan memakan biaya transportasi.

Dengan semakin berkembangnya peranan teknologi informasi dalam dunia bisnis, maka menuntut manajemen SI/TI untuk menghasilkan Sistem Informasi yang layak dan mendukung kegiatan bisnis. Sehingga penerapan IT ini akan sangat menghemat biaya di semua aspek, baik tenaga kerja, proses, pemasaran, maupun manajemen. Dan penerapan IT ini juga akan dapat mempercepat kemajuan perusahaan, dengan semakin meningkatnya margin perusahaan.

Perlu diketahui, IMSNet.id sendiri tidak hanya menyajikan informasi-informasi menarik seputar dunia bisnis. Namun, kami juga menyediakan keperluan web hosting, nama domain, sertifikat SSL, dan lain sebagainya yang tentunya akan sangat membantu untuk kinerja website bisnis Anda. Jika anda berminat, maka bisa langsung buka di beranda website kami.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *