Hal harus dilakukan sebelum Ubah Theme WordPress

turned-on monitor
unsplash.com

Plugin serta template WordPress kini telah banyak tersedia, baik yang berbayar maupun gratis. Anda dapat mengunduhnya melalui repository WordPress.org.

Jika Anda pengguna CMS WordPress, Anda pasti pernah melakukan atau setidaknya berencana untuk mengganti theme WordPress Anda. Mungkin saja Anda membutuhkan theme yang lebih bisa mengakomodir kebutuhan situs web Anda, atau memang merasa theme yang digunakan sekarang sudah tidak compatible lagi. Anda bisa saja mempunyai lebih banyak alasan lainnya.

  1. Analisis terlebih dahulu

Jangan lupa untuk memeriksa Google Analytics anda, amankan Google Webmaster Tools dan kode pelacakan lain sebelumnya. Tools ini memungkinkan Anda untuk melacak performa situs Anda, mengukur tingkat konversi Anda, dan semua wawasan yang perlu Anda ketahui tentang situs WordPress Anda.

  1. Perhatikan Sidebars

Di sidebar, biasanya webmaster akan memanfaatkan area tersebut untuk bereksplorasi dengan menambahkan teks custom, gambar, link, ads, atau widget lainnya. Jika sebelumnya Anda menggunakan theme yang widget-ready dan beralih ke theme yang tidak widget-ready, maka Anda berpotensi kehilangan banyak hal.

  1. Backup

Ingat untuk selalu backup sebelum melakukan perubahan. Mengapa? Backup memungkinkan Anda untuk mengembalikan WordPress Anda, jika ada yang tidak beres atau tidak berjalan sesuai dengan yang anda inginkan. WordPress Database Backup adalah alat yang bisa anda andalkan.

  1. Mengatur Maintenance Mode

Coba lah mengaktifkan Maintenance Mode selama 15-30 menit untuk memastikan semuanya berfungsi dengan benar. Jika perubahan theme telah benar- benar selesai, Anda dapat kembali menonaktifkan Maintenance Mode yang telah diatur sebelumnya.

  1. Menguji semua fungsi dan plugin

Anda wajib memastikan bahwa semua fungsi dan plugin bekerja dengan baik. Sebagai checking point, coba lah untuk me-review hal-hal yang sudah Anda catat di point nomer #1. Coba juga semua fitur dalam theme baru Anda, termasuk halaman komentar, halaman posting tunggal, fitur pencarian website, halaman 404, halaman arsip, halaman kontak, dan lain sebagainya. Pastikan juga widget- widget yang Anda gunakan bekerja dengan baik.

  1. RSS Feed

RSS feed adalah bagian penting dari blog anda, membangun audiens anda dan mengirim mereka update terbaru.

  1. Keamanan

Periksa tema baru Anda mungkin mempunyai kode berbahaya dan tidak diinginkan. Hacker cenderung menargetkan theme gratis untuk menyuntikkan link dan jung lainnya, dan juga hati-hati terhadap theme wordpress nulled. 

  1. Page Size dan Kecepatan

Waktu loading halaman memberi Anda dorongan dalam peringkat SEO dan pengalaman pengguna yang lebih baik. anda dapat menggunakan berbagai online tools / layanan di luar sana untuk menganalisa kecepatan situs anda dengan theme baru

Saat ini banyak template dan plugin WordPress yang menyediakan live demo. Lakukan pengecekan demo melalui berbagai perangkat dan browser guna memastikan template tersebut berjalan dengan baik.

Segera bikin website bisnis Anda sekarang juga. Manfaatkan paket Hosting Bisnis, serta nama domain populer dari IMSNet.id untuk menunjang performa situs Anda agar semakin optimal.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *