Limbah Reparasi Pekerjaan - Gambar vektor gratis di Pixabay

File .htaccess biasanya berisi baris-baris perintah yang dapat mengaktifkan atau menon-aktifkan perlindungan password pada direktori, isi konten, mencegah akses terhadap file editor, melakukan redirect dan lainnya. Bahkan plugin performance juga biasanya menulis baris kode atau perintah ke dalam file .htaccess yang berfungsi untuk meningkatkan performa website seperti minify dan kombine skrip, kontrol cache dan lainnya.

Mungkin anda pernah mengalami masalah ketika melakukan perubahan pada WordPress, sehingga mengubah script yang ada pada file .htaccess. Untuk memperbaikinya anda dapat mengembalikan script .htaccess ke setingan default.

Setelah Anda melakukan instalasi WordPress, file .htaccess akan dibuat secara otomatis. File tersebut memang tersembunyi. Oleh karena itu, ketika Anda ingin melihatnya perlu untuk mengaktifkan pilihan Show Hidden Files.

Terkadang instalasi WordPress tidak memiliki file .htaccess di dalamnya. Jika Anda mengalami hal ini, Anda dapat membuatnya secara manual.

Untuk membuatnya dapat menggunakan file manager atau FTP Client. Dalam tutorial ini kami akan membuat file htaccess menggunakan File Manager.

  1. Silakan login ke cPanel
  2. pilih menu File Manager.
  3. Jika WordPress diinstal di direktori utama, silakan pilih public_html. Klik +File, ketikkan nama file .htaccess dan klik Create New File.
  4. Silakan klik kanan pada file .htaccess kemudian pilih edit dan masukkan baris kode di bawah ini.
# BEGIN WordPress
RewriteRule ^index\.php$ – [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
# END WordPress
  1. Simpan perubahan dengan menekan tombol Save Changes

Mau tahu tips dan tutorial lainnya? Jangan lupa untuk terus mengunjungi blog IMSNet.id dan dapatkan materi terlengkap tentang sosial media, bisnis online, hosting, digital marketing, web development, domain, serta topik lainnya. 

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *