laptop, electronic device, product, netbook, technology, gadget, personal computer, communication

File compression sendiri bisa memiliki beberapa artian. Pertama adalah mengurangi ukuran sebuah file. Biasanya, ketika Anda ingin mengupload sebuah file, baik dalam bentuk gambar maupun dokumen seperti PDF, ada batas ukuran yang diperbolehkan oleh website. Rata-rata batasnya adalah 25MB. Jika lebih dari itu, Anda perlu mengurangi ukurannya.

Kedua file compression juga digunakan untuk mendeskripsikan proses dimana Anda menjadikan beberapa file menjadi satu file, biasa menjadi format ZIP atau RAR agar menjadi lebih praktis dan bisa dibagikan ke orang lain dengan mudah.

Manfaat file compression

  1. Selain website, layanan email juga biasa membatasi berapa besar file size yang bisa Anda upload. Misalnya, jika Anda menggunakan Gmail, Anda hanya bisa mengirim file sebesar 25MB. Lewat dari size itu, akan diupload ke Google Drive oleh Google. Agar file Anda bisa diupload sebagai attachment email, Anda memerlukan file dengan size kecil. Disinilah Anda membutuhkan file compression.
  2. Agar bisa diupload ke halaman web untuk didownload orang lain. Mungkin Anda pernah mencoba mengupload sebuah file ke website Anda dan gagal dikarenakan size yang terlalu besar. Size file yang lebih kecil akan mempermudah proses penguploadan. Apalagi jika file ini nantinya akan di-download orang lain. Tentu kalau size file nya lebih kecil akan lebih mudah untuk diupload dan juga didownload.

Cara Mengkompres File

  1. Gambar . untuk mengkompres gambar anda bisa menggunakan layanan website, ada banyak website yang bisa Anda gunakan. Seperti Compressor.io.  Compressor.io adalah salah satu tools kompres gambar yang tidak akan mengurangi kualitas gambar Anda tetapi bisa mengurangi ukuran file dengan maksimal. 
  2. File PDF. Untuk mengkompres file PDF Anda bisa menggunakan layanan dari website seperti  small PDF. Cukup masuk ke halaman kompres dari Small PDF, Anda akan dipandu dalam resize file PDF sesuai yang anda inginkan. 
  3. Cara Mengkompress File: Membuat File Zip. kompres file juga bisa dilakukan dengan menggabungkan beberapa file menjadi satu file dengan format zip.

Cara Kompres file di Windows

  1. Pilih folder yang ingin kamu kompres lalu klik kanan. 
  2. Pilih Send to lalu Compressed (zipped) folder

Cara Kompres di MAC

  • Buat sebuah folder berisikan semua file yang ingin Anda jadikan file zip. Jangan lupa beri nama foldernya sesuai dengan nama yang ingin Anda berikan ke file zip.
  • Klik kanan pada folder tersebut dan pilih opsi Foldernya akan dikompres secara otomatis menjadi file zip. File zip-nya akan muncul di lokasi yang sama dengan folder originalnya.

Demikian artikel mengenai cara Kompres file. Jika memiliki pertanyaan atau masukan yang berhubungan dengan artikel ini, jangan lupa untuk berkomentar pada kolom di bawah ini.

Jika saat ini Anda sedang mencari penyedia layanan hosting. Anda dapat menghubungi IMSNet.id, kunjungi websitenya dan klaim Voucher potongan harga yang sedang berlangsung bulan ini.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *