WordPress diolah dengan bahasa PHP dan MySQL. Halaman web pun dibuat dengan cepat. PHP code mengakses database MySQL Anda dan memperoleh semua informasi yang diperlukan untuk membuat halaman web. Satu PHP query dibutuhkan untuk menuliskan judul post, satu PHP query untuk mendokumentasikan nama penulis, satu PHP query lainnya untuk mencari tanggal publikasi, dan lain-lain. Query PHP diperlukan untuk menampilkan konten berupa judul sebuah postingan, nama author, tanggal, dan sebagainya. 

Dalam situasi tertentu, website akan menampilkan pesan “error establishing a database connection. Jika Anda mendapat pesan ini, berarti website Anda sudah tidak lagi berkomunikasi dengan atau memiliki akses ke database Anda, yang tentunya menyebabkan website Anda down.

Jika mengalami masalah seperti ini segeralah diperbaiki, karena jika sudah terjadi website atau blog tidak bisa diakses sehingga pengunjung website akan hilang, sales menurun atau bahkan potensi untuk mendapatkan keuntungan menjadi berkurang.

Apa itu “error establishing a database connection

Error ini disebabkan karena PHP tidak bisa berkomunikasi dengan Database. CMS WordPress menyimpan semua datanya di MySQL Database yang isinya meliputi post data, page data, meta data, plugin WordPress, settings, login data dll. Alhasil, PHP code tidak bisa memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk membuat halaman web. Selain itu ada beberapa jenis file yang tidak masuk dalam database WordPress terutama file-file yang berhubungan dengan coding php, css javascript dll. Keduanya jika normal akan saling berhubungan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pengunjung website.

  1. Database Corrupt

Database corrupt bisa terjadi terutama saat melakukan editing coding yang tidak benar sehingga menyebabkan masalah koneksi ke database WordPress.

  1. Server hosting down

Server database kemungkinan down dan menyebabkan masalah ini, atau malah ada masalah lain yang terjadi di hosting Anda. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh terlalu banyaknya pengunjung website Anda sehingga server tidak dapat menampungnya.

  1. Plugin bermasalah

Penggunaan plugin WordPress yang bermasalah bisa membuat error database WordPress, karena adanya perubahan pada script coding yang dilakukan oleh plugin.

  1. Login Credential untuk Database Anda Salah

Database WordPress Anda menggunakan login credential (username dan password) berbeda dengan yang disetup di cPanel akun hosting Anda.

Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection

  1. Cek Credential Database

Masalah ini sering ditemui terutama bagi kamu yang baru saja migrasi database ke server hosting baru. Cek nama database dan username apakah sudah sama atau belum. Jika berbeda berarti itu penyebab dari error establishing a database connection.

Detail koneksi situs WordPress Anda disimpan di sebuah file bernama wp-config.php, yang biasanya ada di root situs WordPress Anda. File ini mengandung empat informasi penting yang semuanya harus dipastikan sudah benar agar koneksi dapat berjalan dengan baik.

  1. Repair Database

Dalam beberapa kasus lain, error establishing a database connection tidak hanya tulisan itu saja, tetapi ada tambahan info error isinya “One or more database tables are unavailable. The database may need to be repaired”. Nah kalau menjumpai seperti ini berarti ada file database yang rusak, untuk memperbaikinya bisa ikuti langkah dibawah ini:

  • Login ke akun cPanel mu dan buka di File Manager > public_html > nama domain/subdomainmu > wp_config.php
  • Buka wp-config.php dengan pilih menu edit di bagian atas
  • Lalu tambahkan script define( ‘WP_ALLOW_REPAIR’, true); dibawah <?php
  • Save dan kemudian coba
  • Akses repair database dengan domainanda.com/wp-admin/main/repair.php
  • Pilih Repair Database
  1. Hubungi Pihak Hosting untuk Mengatasi Error Establishing a Database Connection

Jika Anda sudah mencoba menyelesaikan masalah sesuai dengan langkah di atas namun masih saja menemukan pesan Error establishing a database connection, hal ini bisa terjadi karena masalah pada layanan hosting Anda.

Nah demikianlah pembahasan mengena tips mudah mengatasi error establishing a database connection. Perlu diperhatikan pula saat pemilihan penyedia jasa server hosting supaya mencari yang selalu fast respon dalam menangani masalah. Di IMSNet.id  kami meyediakan CS yang selalu online 24 jam 7 hari yang siap membantu kamu dalam menyelesaikan semua masalah domain hosting.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *