Mungkin diantara anda masih ada yang asing dengan istilah cloud Computing Fungsi dan cara kerja Cloud Computing dalam kehidupan sehari – hari. Cloud Computing membuat semua pekerjaan serba praktis dan tidak perlu menggunakan Infrastruktur yang besar. Cloud Computing Bahkan dapat meminimalisir biaya pengeluaran dalam perusahaan. Dalam penerapannya, Cloud Computing hanya membutuhkan jaringan internet, hal ini dikarenakan Cloud Computing memiliki server yang terpusat.

Definisi Cloud Computing

Definisi dari Cloud Computing adalah sebuah proses pengolahan daya komputasi  melalui jaringan internet  yang memiliki fungsi agar dapat menjalankan program melalui komputer yang telah terkoneksi satu sama lain pada waktu yang sama. Cloud Computing memudahkan penggunanya untuk menjalankan program tanpa harus menginstall aplikasi terlebih dahulu dan memudahkan pengguna untuk mengakses data dan informasi melalui internet.

Manfaat Cloud Computing
  1. Biaya murah. cloud computing tergolong berbiaya rendah karena tidak perlu investasi dana pada inventaris hardware seperti hard disk dan infrastruktur. Pastikan cloud service yang anda pilih telah sesuai dengan kebutuhan komputasi anda. Tinggi dan rendahnya biaya yang dikenakan pada anda sesuai dengan sesuai dengan layanan yang anda sepakati bersama penyedia layanan komputasi cloud.
  2. Aksesibilitas. Cloud computing yang mudah diakses memungkinkan anda menyimpan semua data anda pada server cloud dan mengaksesnya kapan saja dan di mana saja.
  3. Solusi Backup. Baik bisnis skala besar atau kecil harus berinvestasi pada sistem pemulihan bencana yang mampu bertahan lama. Hal ini merupakan hal yang berat dilakukan bagi perusahaan berskala kecil yang tidak memiliki anggaran dana yang cukup besar. Namun anda tak perlu khawatir perusahaan kecil dapat melakukan back-up dan pulih dalam waktu singkat dengan layanan berbasis cloud sehingga dapat menunda investasi pada sistem pemulihan bencana di awal perusahaan didirikan.
  4. Dengan cloud computing anda dapat mengakses data dan dokumen meski sedang berada di luar lokasi. Anda dapat berinteraksi dengan kantor visual tanpa hambatan dalam perangkat Anda tersambung dengan internet.
  5. Pengelolaan yang mudah. Sebagai pengguna cloud, anda tidak perlu melakukan upgrade pada server cloud. Server cloud dikelola dan di-upgrade oleh penyedia pelayanan
Model – Model Cloud Computing

Ada empat macam/tipe cloud yang berbeda yang bisa Anda pakai sebagai pengguna, sesuai dengan kebutuhan bisnis. Berikut adalah keempatnya!

Private Cloud. Private Cloud ini berarti sumber daya cloud-nya digunakan bagi suatu organisasi tertentu saja (secara privat, tidak dibagi ke pengguna/organisasi lain). Metode ini lebih banyak digunakan buat interaksi semacam intrabisnis, dimana sumber daya cloud-nya bisa diatur, dimiliki, dan dioperasikan oleh organisasi satu yang sama.

Community Cloud . Community cloud digunakan biasanya untuk penggunaan bagi komunitas, institusi atau organisasi. Contoh perusahaan yang menggunakan Cloud Computing adalah perusahaan bisnis yang mempunyai tujuan Bersama pada masing masing perusahaan. Cloud Computing bisa dikelola oleh internal maupun oleh pihak ketiga maupun untuk eksternal dan internal. Sehingga dapat meminimalisir biaya pembayaran yang bisa ditanggung oleh kedua belah pihak.

Public Cloud Public Cloud Computing merupakan layanan yang menggunakan model publik, sehingga siapa saja dapat mengakses layanan ini. Public Cloud menggunakan sumber daya komputasi yang dimiliki, diatur dan dioperasikan oleh pemerintah.

Hybrid Cloud

Jenis Cloud yang satu ini bisa digunakan untuk kedua jenis interaksi – B2B (Business to Business) atau B2C (Business to Consumer). Jadi, sumber daya komputasi terikat bersama tapi dengan cloud yang berbeda. Hybrid Cloud merupakan gabungan dari layanan private Cloud dan Public Cloud.

Demikianlah pembahasan terkait apa itu Definisi Cloud Computing. Maka dari itu, jangan lupa kunjungi website IMSNet.id untuk mendapatkan artikel tips, tutorial, hingga promo penawaran layanan hosting murah dan domain premium yang akan menunjang optimasi pemasaan di ranah digital.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *