Dedicated Server adalah sebuah server dengan resource dan spesifikasi yang besar, Jika kamu menggunakan dedicated server maka berarti kamu telah menggunakan server fisik secara penuh, tanpa dibagi atau dibuat bersama dengan pengguna lain. 

Kebanyakan dedicated server digunakan untuk situs yang memiliki trafik yang sangat tinggi, misalnya toko online, portal berita atau website yang memiliki trafik yang tinggi dan membutuhkan banyak resource.

Kelebihan:

Akses Penuh
Dedicated server memeberikan kebebasan kepada penyewa untuk memiliki hak akses yang dimiliki 100%. Menariknya lagi adalah Dedicated Server juga akan memudahkan dan membebaskan penggunanya untuk melakukan konfigurasi berdasarkan bentuk spesifikasi yang dibutuhkan.

Aman
Kelebihan dari penggunaan Dedicated Server selanjutnya adalah apabila terjadi kerusakan pada server, Anda tidak bertanggung jawab pada kerusakan tersebut. Sehingga sangat aman bagi Anda untuk mengoperasikan Dedicated Server tersebut.

Efektif, Bisa Menggunakan Remote. Terbilang cukup menarik, pengguna hosting Dedicated Server juga bisa mengontrol server dengan remote saja. Sehingga tidak perlu melakukan pengawasan pada fisik server secara langsung. Secara singkat, pengguna tidak perlu repot atau merasa terbebani selama proses pengelolaan website.

Tidak Terganggu Aktifitas Lain. Kinerja salah satu VPS tidak akan terpengaruh walau dalam satu server ada yang menggunakan resource banyak

Kekurangan

  1. Harganya Mahal
    Kekurangan yang dimiliki oleh hosting dengan tipe Dedicated Server adalah biaya yang dibutuhkan melakukan masuk ke dalam kategori mahal. Semakin tinggi spesifikasi server yang diinginkan maka semakin mahal pula harga yang harus dibayarkan. Berbeda dengan share hosting yang memungkinkan Anda untuk membayar sewa bersama dengan pengguna lainnya.
  2. Skill
    Untuk bisa menggunakan paket dedicated server, pengguna harus lebih paham mengenai kinerja dan cara mengontrol server.Hal tersebut terbilang sangat penting supaya bisa mengelola hosting secara maksimal. Apalagi banyak setting pada berbagai aplikasi yang harus dilakukan.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *