pxfuel.com

Cara menghilangkan sidebar WordPress. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai cara menghilangkan sidebar WordPress. Fungsi dari sidebar biasanya digunakan sebagai wadah, untuk menempatkan widget seperti Recent Post , Popular Post , Kotak Subscribe , dan lain sebagainya.

Meskipun sangat berguna, terkadang pengguna ingin menghapus WordPress sidebar karena ingin menggunakan halaman yang bebas widget.  Jika  Anda ingin menghilangkan sidebar di WordPress Anda? WordPress sidebar adalah bagian terbuka di sebelah kanan, kiri, atau bawah tema. Sidebar biasanya digunakan untuk menampilkan berbagai fitur tambahan di WordPress.

Berikut 3 Cara Menghilangkan/Menyembunyikan Sidebar di WordPress:

Menghilangkan Sidebar Lewat Plugin

Kali ini  menghilangkan sidebar, lewat plugin yang bernama Fullwidth Template.

  1. Login ke dashboard
  2. Pada halaman menu admin , kalian pilih menu Plugins > pilih Add New
  3. Pada kolom pencarian , kalian ketikan kata kunci “fullwidth template”.
  4. Jika sudah ketemu , pilih tombol lalu Install Now , dan Activate.
  5. Kembali ke bagian edit postingan (Post) , atau halaman (Page). Pada bagian settings sebelah kanan. Pilih Post Attributes > menu dropdown template , pilih FW No Sidebar.
  6. Biasanya di beberapa theme, fitur ini (baca : full width) sudah tersedia secara default. Jadi kalian tidak perlu menginstall plugin ini , jika sudah ada.
Menghapus semua widget
  1. Pada halaman menu admin , kalian pilih menu Appearance > pilih Widgets.
  2. Selanjutnya , hapus widget dengan menekan tombol Delete , atau kalian bisa mendrag widget ke sebelah kiri , untuk mengaktifkannya.
  3. Pastikan area sidebar kosong atau bersih dari widget-widget. Jika sudah, kalian tinggal lihat tampilan blog atau website sekarang.
Menghilangkan Sidebar Lewat Settingan Theme

Menghilangkan sidebar , lewat settingan pada setiap theme, yang sedang kita gunakan. Sebagai contoh, saya disini menggunakan theme Astra.

  1. Pada halaman menu admin , Pilih menu Post , untuk postingan artikel , atau Pages untuk halaman.
  2. Lalu buat baru atau edit yang sudah ada, pada bagian post atau page.
  3. Jika sudah masuk ke bagian edit, di bagian sebelah kanan menu Settings , kalian pilih Astra Settings , lalu pilih menu dropdown No Sidebar.
  4. Cara ini memang tidak secara otomatis , menghilangkan semua sidebar pada tiap postingan atau halaman. Jadi ini hanya menghilangkan satu persatu sidebar, pada setiap postingan atau halaman , yang kita setting.

Demikian artikel tentang menghilangkan sidebar di WordPress. Semoga membantu kalian. Terima Kasih. Perlu anda ketahui bahwa IMSNet.id selaku penyedia Web Hosting Indonesia selalu berupaya untuk memberikan informasi menarik untuk semua. Jika Anda butuh domain, hosting, server, SSL dan email marketing bisa langsung pesan saja di IMSNet.id

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *