computer  virus  hacker free photo

Apa itu Malware?

Malware merupakan singkatan dari Malicious Software yang artinya program yang diciptakan dengan tujuan untuk mencari celah dalam sistem dan merusaknya. Malware dapat mengubah data (menghapus, menyembunyikan dan mencuri), menghabiskan bandwidth tanpa sepengetahuan pengguna.

Tujuan dari Malware ini adalah untuk menyusup ke sebuah program untuk mengambil data, merusak data, membajak hak akses baik di website atau komputer Anda.

Website yang terkena malware, ketika diakses akan muncul “The site ahead contains harmful programs Error” atau ”The site ahead contains malware”. Hal ini sangat mengganggu dan pengunjung website turun. 

Penyebab Malware pada website

  1. Website Anda menampilkan iklan yang tidak berkualitas dari sumber yang tidak dapat dipercaya. Iklan tersebut biasanya memiliki code berbahaya atau mungkin berisi link yang mengarahkan ke halaman website yang dapat menginfeksi sistem.
  2. Melalui Email Marketing, aktivitas download atau bisa juga dari program yang sebelumnya memang sudah terinfeksi.
  3. Penyebab paling sering ditemui dari gangguan malware pada website biasanya terjadi akibat menggunakan tema premium gratisan yang didownload lewat website abal-abal. Selain tema, bisa juga melalui plugin dan file yang sengaja diunggah ke dalam hosting.

Cara menghilangkan Malware

Jangan lupa backup file website terlebih dahulu sebelum Anda memulai. Setelah mengetahui penyebab error, kini saatnya Anda memulai proses perbaikan. 

  1. Atasi Malware dengan Menyisir File Mencurigakan

Jadi, jika situs bisnis Anda saat ini sedang terkena malware dan tidak bisa diakses, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menyisir seluruh file untuk menemukan kode mencurigakan. Anda juga bisa mengecek halaman index.php serta memberi perhatian lebih pada jenis file berekstensi SQL yang biasanya menjadi biang keladi terkait masalah ini. 

Jika  website Anda dirasa sudah bersih dari file malware, jangan lupa juga untuk meminta index ulang ke Google Search Console agar peringkat website di hasil penelusuran bisa kembali normal.

  1. Mengatasi Malware Pada Website Menggunakan Plugin

Cara menghilangkan malware pada website yang terinfeksi selanjutnya dapat dilakukan dengan menginstal plugin. Banyak plugin keamanan yang dapat Anda gunakan. Anda bisa menggunakan plugin keamanan semacam Wordfence, All In One SEO, BulletProof atau iThemes. Plugin sistem keamanan yang paling kami rekomendasikan adalah Wordfence karena didalam plugin ini terdapat layanan kelas enterprise yang bisa dinikmati secara gratis.

singkatnya, ada dua cara ini sangat efektif untuk menghilangkan malware pada website:

  • menemukan file yang terinfeksi, kemudian menghapusnya secara manual atau restore backup website Anda.
  • Gunakan plugin seperti Wordfence dll

Demikian artikel tentang cara menghilangkan malware pada website. Jika ada pertanyaan atau tambahan pengetahuan silahkan tulis di kolom komentar. Agar website terhindar dari serangan malware,gunakan  layanan penyedia hosting dari IMSNet.id dengan dukungan Teknologi keamanan Imunify 360, website Anda terlindung dari serangan hacker, malware, dan virus berbahaya setiap saat.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *