Bagi anda pengguna wordPress, sejak pengeluaran terbarunya versi 5.0 wordPress ada perbedaan yang cukup signifikan dari sisi editor. Ya, pada versi ini WordPress menggunakan Editor Gutenberg WordPress sebagai dasar tampilan user dalam menulis/ memposting artikel.  Gutenberg sendiri menawarkan fitur yang lebih modern dari editor sebelumnya (classic editor).mungkin diantara para editor yang masih binggung menggunakan editor Gutenberg. Jangan khawatir artikel ini akan membantu anda.

Apa itu Guteberg?

Gutenberg adalah editor terbaru WordPress dirilis pada bulan Desember 2018 kemarin. Editor Gutenberg ini dirilis bersamaan dengan WordPress versi 5.0. Editor Gutenberg WordPress sedikit berbeda dengan editor WordPress terdahulu. Pada editor terdahulu, kamu dapat menulis artikel dengan tampilan klasik layaknya editor biasa. Gutenberg adalah editor WordPress dengan konsep Block Based User Interface (UI). Jadi pembuatan konten di editor ini menggunakan sistem blok

Tampilan utama

  1. Kolom konten – Di sinilah tempat Anda membuat konten. Mulai dari judul, tulisan, gambar, hingga video Anda akan dimasukkan di sini.
  2. Sidebar – Di kotak ini Anda bisa melakukan penyesuaian terhadap konten Anda secara keseluruhan, atau melakukan penyesuaian pada masing-masing blok.
  3. Toolbar – Bagian ini berisi beberapa opsi, seperti tombol undo dan redo, navigasi blok, dan tombol publish.
Cara penggunaan Guteberg :
  1. Masuk  ke url tuliskan nama domain anda https://namadomain.com/wp-admin.
  2. Setelah berhasil masuk selanjutnya menulis dengan editor gutenberg

Untuk menulis artikel di WordPress, kamu bisa menggunakan Menu Posts yang ada di sidebar WordPress. Silakan klik Posts lalu klik Add New. Kemudian akan diarahkan ke tampilan editor gutenberg wordpress

Cara menggunakan editor gutenberg wordpress terbaru cukup mudah. Ketika pertama kali membuka halaman post baru, ada beberapa bagian yang berbeda. Terdapat tombol “+” dan tombol “undo” serta “redo” pada bagian atas. Pada tampilan classic editor, biasanya akan langsung muncul menu bar dengan berbagai macam toolbar. Nah pada Gutenberg Editor WordPress, tampilannya berisi blok-blok yang dapat diisi dengan berbagai hal termasuk gambar, paragraf artikel, heading dan sebagainya.

  1. Didalam editir ini kita dapat menambahkan gambar, paragraf, galeri foto, kode, kolom, heading, list secara bersamaan.
  2. Di sini kalian juga bisa menambhakan sebuah tombol.  Di editor gutenberg wordpress, kamu bisa menambahkan kolom dan tombol hanya dengan drag and drop saja. Silakan klik tombol “+” kemudian pilih tombol, jika ingin menambah tombol
  3. Artinya anda dapat menambah apa saja di dalam tulisan Anda melau menu/tombol “+” yang terdapat di lembar kerja

Lalu bagaimana jika kita ingin menghapus blog tersebut. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan klik block yang diingikan. Lalu klik tombol titik tiga yang berada di bagian kanan  Setelah itu pilih “Remove Blog”

Cara menggunakan editor gutenberg wordpress sangatlah mudah. Jika sudah terbiasa, editor gutenberg wordpress ini sangat membantu user dalam menulis. Kamu hanya perlu memilih blok-blok yang diinginkan untuk diisi dengan berbagai macam pilihan. Seperti paragraph, button, image, gallery, custom html dan sebagainya. Terlepas dari itu, jika saat ini Anda sedang mencari server berkualitas untuk mengakomodir kebutuhan website, jangan ragu untuk memilih IMSNet.id yang menyajikan beragam paket web hosting berkualitas dengan performa handal.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *