WordPress merupakan CMS yang banyak digunakan saat ini.  Ketika anda login defaultnya dengan “namadomainanda/wp-admin”. Akibatnya ketika anda tidak mengganti URL, banyak celah hacker yang akan menggunakan url tersebut untuk login ke website anda. Ketika anda merubah URL login akan memperkecil resiko dibobol oleh hacker. Selain dari itu pastinya anda harus menggunakan username dan password yang kuat. Untuk cara mengganti url login WordPress akan kita bahas pada artikel kali ini.

Untuk metode pengubahan URL ada 2, dengan dan tanpa menggunakan Plugin.

Cara mengganti URL dengan Plugin.

Ketika anda menggunakan metode ini artinya Anda memerlukan plugin.  Semua plugin untuk mengganti URL Login adalah gratis. Beberapa diantaranya adalah: Custom Login URL, WPS Hide Login dan masih banyak lagi. Pada artikel kali ini sebagai contoh kita gunakan plugin WPS Hide Login. Karena plugin ini yang paling sederhana dan akurat.  Selain itu plugin WPS Hide Login sering melakukan update pengembangan.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu anda perlu menginstal plugin WPS Hide Login
  2. Aktifkan plugin
  3. Masuk ke pengaturan di menu Settings » General
  4. Cari bagian “WPS Hide Login
  5. Pada bagian WPS Hide Login memasukkan URL Login Custom Baru untuk halaman login situs WordPress Anda.
  6. Silahkan ganti URL login sesuai dengan keinginan Anda pada kolom yang sudah disediakan, setelah itu klik tombol “Save Changes” untuk menyimpan perubahan

Cara mengganti URL Login tanpa Plugin

  1. Mengakses File Manager
  2. Cari File Wp-login.php
  3. Untuk mengganti url wp-admin WordPress tanpa plugin, kamu harus mengubah nama wp-login.php. File wp-login.php merupakan file yang berfungsi untuk pengaturan login WordPress. Silakan cari file wp-login.php lalu rename sesuai nama yang kamu inginkan misalnya loginnew.php. 
  4. Ganti Dengan Nama Yang Baru. Setelah dilakukan rename, silakan klik kanan pada file tersebut dan klik “Edit”. Kamu dapat menggunakan bantuan ctrl+f kemudian tuliskan “wp-login.php” lalu sesuaikan dengan nama yang diubah tadi. Ada sekitar 12 tulisan “wp-login.php” yang harus diubah.
  5. Cari File general-template.php

buka folder “wp-includes” >> “general-template.php” >> setelah itu, klik Edit pada file tersebut. sesuaikan dengan nama yang diubah tadi. Pada contoh ini “wp-login.php” diubah menjadi “loginnew.php”. Ada sekitar 5 tulisan wp-login.php yang harus diubah.

  1. Sisipkan script di bawah ini

function wp_login_url( $redirect = ‘’, $force_reauth = false ) {

$login_url = site_url( ‘loginnew.php’, ‘login’ );

  1. kemudian hapus “loginnew.php” sehingga menjadi script berikut

function wp_login_url( $redirect = ‘’, $force_reauth = false ) {

$login_url = site_url( ‘’, ‘login’ );

Untuk mengganti url wp-admin WordPress tanpa plugin, kamu perlu tahu cara mengelola file di file manager terlebih dahulu. Pastikan kamu lakukan backup data terlebih dahulu. saya lebih menyarankan untuk yang menggunakan plugin saja, karena kamu tidak perlu repot-repot masuk cpanel kemudian melihat baris coding yang panjang dan rumit. Dengan mengubah URL Login WordPress ini menjadikan website atau blog kamu menjadi satu tingkat lebih aman dari tindak kejahatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Kami kembali mengingatkan untuk gunakan server hosting yang terbaik IMSNet.id menyediakan paket  dengan performa optimal. Miliki sekarang dengan harga mulai dari 9.000/bulan saja sudah bisa memiliki server hosting berkualitas.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *