laptop, computer, technology, html, brand, text, wordpress, multimedia, screenshot, dev, computer hardware, personal computer hardware, computer program, front end

Mungkin Anda pernah ditanya seseorang tentang versi wordPress yang Anda gunakan, selain itu informasi mengenai versi wordpress ini penting Anda ketahui agar Anda tidak menemui masalah ketika menginstal template maupun plugin baru. Pasalnya, template dan plugin baru biasanya membutuhkan WordPress versi terbaru juga. Berikut cara mengetahui versi WordPress yang digunakan.

  1. Melalui Admin Area

Anda hanya perlu login, kemudian pilih menu Dashboard > Updates.Pada halaman ini Anda akan melihat versi WordPress yang Anda gunakan berikut versi WordPress terbarunya.

  1. Melalui Page Source

Caranya adalah Anda akses website WordPress yang akan dicek lalu tekan tombol shortcut view page source (ctrl+U). Setelah itu kamu bisa gunakan menu find (ctrl+F) dan cari kata : generator.

Apabila versi WordPress ditampilkan maka hal tersebut merupakan ancaman bagi keamanan situs. Informasi soal versi haruslah disembunyikan. Jika versi WordPress tidak dimunculkan maka kemungkinan besar telah disembunyikan oleh template yang digunakan oleh website Anda.Silakan ikuti langkah di bawah ini untuk menonaktifkan meta generator agar tidak menampilkan versi WordPress pada page source.

  1. Akses dashboard admin WordPress Anda.
  2. Pilih menu Appearance > Editor.
  3. Klik functions.php untuk di edit.
  4. Paste kode di bawah ini pada bagian bawah code yang ada di file functions.php.
remove_action('wp_head', 'wp_generator');
  1. Simpan perubahan dengan menekan tombol Update.

3. Melalui File version.php

Untuk cara ini dapat dilakukan dengan login ke cPanel hosting Anda. Jika sudah login silahkan klik public_html.  Apabila website Anda merupakan domain utama maka akan berada di public_html. Apabila website merupakan addon domain atau subdomain maka Anda harus masuk ke public_html atau nama addon domain atau subdomain folder.

Kemudian klik folder wp-includes. Cari file version.php kemudian klik view atau edit.

Demikian 3 cara untuk mengetahui versi wordPress Anda. alangkah baiknya Anda selalu memperbharui versi wordPress Anda, jangan lupa untuk melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan update. Dan bagi Anda yang berniat memulai personal website, jangan lewatkan juga promo domain murah, unlimited hosting, hosting murah, serta banyak penawaran lainnya dari IMSNet.id

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *