Cara Mengetahui Tema WordPress

Tema atau template merupakan salah satu hal yang paling penting dalam website terutama website yang berbasis WordPress. Karena theme atau tema dapat mempengaruhi user experience dari sebuah website, selain itu, tema juga dapat mempengaruhi peringkat anda di mesin pencari Google karena optimasi mesin pencari atau SEO juga dilakukan pada struktur tema wordpress anda. Artikel ini akan membagikan tips sederhana untuk menemukan theme apa yang digunakan website WordPress orang lain.Karena  Sering kali ketika sedang berselancar di Internet, anda menemukan sebuah website yang memiliki tampilan bagus, cepat dan juga mudah untuk digunakan, namun sayangnya anda tidak bisa mengetahui apa nama tema yang digunakan pada website tersebut, padahal anda berniat untuk membuat sebuah website wordpress menggunakan tema seperti website yang sedang anda kunjungi. 

  1. Manual Check

Cara ini bisa dikatakan cara yang paling mudah dilakukan selain dengan melihat tema melalui footer. Yang anda perlu lakukan hanyalah dengan melihat source website yang anda kunjungi. Untuk melihat page-source pada website yang anda kunjungi anda bisa melakukannya dengan cara klik kanan pada website yang anda kunjungi lalu pilih view page-source setelah itu tekan tombol ctrl + F dan cari nama wp-content/themes/ anda bisa mengetahui nama tema wordpress tersebut dengan melihat nama yang ada pada wp-content/themes/namatema, lalu setelah anda mengetahui nama tema wordpress tersebut, anda bisa langsung mencarinya melalui Google dengan keyword “namatema WordPress Theme”.

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan, namun memiliki kelemahan karena biasanya pemilik website akan mengganti folder tema pada websitenya sehingga anda tidak bisa mengetahui nama tema yang digunakan pada website yg anda kunjungi.

  1. Mengetahui tema wordpress orang lain dengan WP Theme Detector

WP Theme Detector tidak hanya memiliki kemampuan untuk mendeteksi tema pada umumnya. Alat ini juga mampu mendeteksi child theme yang digunakan sebuah website. Di samping itu, ia juga memuat ranking plugin yang dideteksi.

Yang perlu Anda lakukan hanya perlu  mengunjungi website  wpthemedetector.com. Lalu isikan nama domain yang ingin anda periksa di kolom “Site to check” dan tekan Enter. Maka Tool tersebut akan menemukan dan menampilkan Theme yang anda cari dengan otomatis.

  1. Mengetahui theme wordpress dengan IsItWP

Cara mengetahui tema wordpress orang lain dengan mudah selanjutnya adalah melalui website IsItWP. Sama seperti cara sebelumnya, anda hanya perlu memasukkan url website ke dalam form yang sudah disediakan. Tidak hanya akan mendapatkan informasi tema yang digunakan pada website tersebut, anda juga bisa mengetahui informasi mengenai domain website seperti nama, email dan lokasi website.

  1. Cara mengetahui tema wordpress orang lain dengan WhatTheme

Jika cara mengetahui tema wordpress orang lain sebelumnya tanpa menggunakan tool atau alat dan besar kemungkinan nama folder tema sudah diganti sehingga anda tidak bisa mengetahui nama temanya, maka cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengetahui tema wordpress orang lain menggunakan WhatTheme.

Demikianlah tips mudah dan singkat tentang cara mengetahui Theme WordPress orang lain.

Demikianlah pembahasan terkait Cara Mengetahui Tema WordPress. Maka dari itu, jangan lupa baca artikel artikel lain dari IMSNet.id  untuk mendapatkan artikel tips, tutorial, hingga promo penawaran layanan hosting murah dan domain yang akan menunjang optimasi pemasaan di masa pandemi.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *