Technology concept with cyber security internet and networking, Businessman hand working on laptop, screen padlock icon on digital display.

Setiap device yang terhubung dengan jaringan internet entah itu komputer, laptop, tablet, android dan sejenisnya pasti memiliki yang namanya IP Address. IP Address (Internet Protocol Address) setiap device satu dengan yang lainnya berbeda-beda. IP address berfungsi sebagai alamat pengiriman data ke perangkat Anda. Ketika Anda mengakses sebuah situs, sebenarnya ada proses pengunduhan data yang dikirim dari situs tersebut. IP Address biasanya terdiri dari empat kelompok angka yang dipisahkan dengan titik, dimana setiap kelompok bisa berisi satu sampai tiga angka.

Lalu bagaimana cara mengecek IP Addres pada komputer, maupun telepon anda? Di Artikel ini kita akan membahas bagaimana cara pengecekan IP Addres pada setiap device anda.

Ip address Laptop
  1. Melalui Command Prompt. Untuk mengecek IP address di komputer atau laptop yang menjalankan sistem operasi Windows kalian harus membuka Command Prompt terlebih dahulu. Caranya di menu Start, ketik cmd dan tekan Enter atau klik hasil pencarian.
    Setelah Command Prompt terbuka, ketik “ipconfig” dan tekan Enter. Cari baris yang menuliskan IPv4 Address, deretan angka di sebelahnya adalah IP address lokal kalian.
  2. Melalui Control Panel. Cara melakukan cek nomor IP komputer yang ketiga melalui control panel Windows. Caranya silahkan klik pada bagian start menu kemudian pilih control panel. Jika sudah muncul dashboard Control Panel, silahkan pilih Network and Internet. Silahkan pilih pada Network and Sharing Center. Kemudian pilihlah jaringan WiFi yang sedang connect dengan laptop Anda. Setelah muncul dashboard WiFi status, silahkan pilih details dan temukan alamat IP Address yang sedang Anda gunakan.
  3. Untuk mengecek IP address eksternal caranya mudah saja lewat website yang bisa kalian akses di browser ponsel atau komputer. Bahkan dengan sekali klik kalian bisa langsung mengetahui IP address eksternal.  Salah satu website untuk mengecek IP address yang banyak digunakan adalah WhatIsMyIP.com. Di sisi kanan atas situs tersebut, kalian bisa melihat alamat IPv6 dan IPv4 eksternal. Ada lagi situs yang lebih simpel, karena begitu di klik hanya akan menampilkan IP address kalian. Beberapa website yang bisa kalian gunakan adalah ipconfig.me dan icanhazip.com. atau Silahkan buka browser yang Anda gunakan, kemudian silahkan ketikan ‘check my ip’. Nanti akan muncul IP Address yang Anda gunakan pada komputer. 
Ip Address Handphone
  1. Melalui setting Wi-fi. masuk ke menu Settings > Connections > WiFi lalu pilih jaringan yang sedang terkoneksi. Setelah itu klik jaringan tersebut dan IP Address akan muncul.
  2. Menggunakan Aplikasi. Anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga di PlayStore. Silahkan cari nama apps nya ‘My IP Address’. Ada banyak jenis aplikasi untuk cek IP Address yang ada di Google Play.
  3. Menggunakan website seperti pada cek IP Address pada komputer. Anda tinggal membuka browser kemudian tuliskan ‘check my ip’, nanti akan muncul IP Address yang sedang Anda gunakan.

Demikian artikel mengenai cara mengetahui IP address di perangkat desktop dan perangkat mobile. Ada banyak cara yang bisa Anda terapkan untuk mengecek IP address perangkat yang Anda gunakan. Hubungi IMSNet.id untuk keperluan bisnis anda kami menyediakan paket web hosting dan juga jasa pembuatan website untuk usaha Anda.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *