teknologi, ingatan, fon, media, kapasitas, usb, luar, tongkat memori, removable, mode perekaman, peralatan elektronik, perangkat penyimpanan data

Bagi anda yang merasa kesulitan melakukan upload karena space yang diberikean sudah habis. Anda dapat mengecek limit file upload pada Dashboard Admin WordPress > Media > Add New. Limit yang ada dapat berbeda-beda, bergantung pada hosting serta konfigurasi WordPress Anda.  Untuk mengatasi hal tersebut. Berikut cara menambah kapasitas upload WordPress. WordPress dilengkapi dengan fitur untuk upload, atau mengunggah file. Fitur ini memudahkan Anda dalam proses unggahan file, sehingga tidak memerlukan FTP maupun File Manager. 

Akses yang dibutuhkan:

  1. Akses ke control panel hosting Anda
  2. Akses ke halaman administrator WordPress

Cara Pertama dengan file .htaccess

Banyak penyedia  layanan hosting yang membolehkan pelanggannya untuk mengganti berbagai setting PHP melalui file .htaccess. Sehingga, dengan menerapkan rule php_value upload_max_filesize di file .htaccess, Anda bisa meningkatkan batas ukuran upload maksimal PHP.

Kali ini kita akan menggunakan file manager untuk mengedit file .htaccess atau dengan  menggunakan FTP. File .htaccess di dalam direktori yang sama dengan file WordPress Anda. Sebagai contoh, jika Anda bisa mengakses website Anda melalui alamat domainanda.com, WordPress dan .htaccess juga akan berada di folder public_html.

Setelah Anda menemukan file .htaccess, klik kanan pada file tersebut kemudian pilih menu Edit.

Setelah itu, silakan tambahkan kode di bawah ini pada baris paling bawah.

php_value upload_max_filesize 128M 
php_value post_max_size 128M 
php_value max_execution_time 300 
php_value max_input_time 300

Setelah kode Anda letakkan di sana, klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.

Kedua Konfigurasi File php.ini

PENTING: Cara ini tepat digunakan bagi pengguna VPS WordPress Anda menggunakan VPS. Kebanyakan layanan shared hosting saat ini tidak memperbolehkan pengguna mengedit file php.ini. Jika Anda menggunakan shared hosting, silakan untuk menanyakan hal ini, apakah Anda dapat melakukan perubahan pada file php.ini.

Jika Anda tidak bisa menggunakan metode .htaccess, Anda bisa coba meningkatkannya dengan meng-edit file php.ini. Akses file Anda dengan menggunakan File Manager, FileZilla atau SSH (bila mendukung) dan cari file php.ini di direktori root Anda. Jika Anda tidak menemukan file tersebut, buat dan masukkan rule berikut:

upload_max_filesize = 128M
post_max_size = 128M
max_execution_time = 300

Setelah Anda selesai , silakan simpan file tersebut dan masuk ke dashboard admin WordPress, kemudian pilih menu Media > Add New untuk melihat perubahan.

Mengganti batas Size upload maksimal di cPanel

Jika layanan hosting Anda menggunakan cPanel dan memperbolehkan user mengubah pengaturan PHP, Anda bisa dengan mudah meningkatkan batas tersebut melalui:

  1. Silakan akses cPanel dan pilih menu Select PHP version pada kolom Software.
  2. Silakan klik link Switch To PHP Options.
  3. Silakan ubah nilai post_max_size dan upload_max_filesize. Sesuaikan dengan file yang akan Anda unggah.
  4. Setelah itu silakan klik tombol Save untuk menyimpan perubahan.

Edit File wp-config.php

Jika ketiga metode diatas tidak berfungsi Anda dapat menggunakan metode yang ke-4 ini, yaitu dengan cara Anda dapat menambahkan baris kode berikut ini pada file wp-config.php.

define('WP_MEMORY_LIMIT', '128M');

Untuk mengakses file tersebut, silakan gunakan File Manager atau FTP. Lokasi file biasanya berada pada direktori yang sama dengan direktori utama website. Silakan tambahkan baris kode di atas ke baris akhir kode.

Nikmati layanan hosting dari IMSNet.id yang memiliki harga menarik, cukup dengan harga 12ribuan/bulan Anda sudah bisa mendapatkan unlimited hosting IMSNet.id dengan domain TLD.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *