Ketika anda memiliki sebuah website, apalagi website anda digunakan untuk melakukan transaksi bisnis online. Pasti anda menginginkan website Anda dikunjungi banyak orang. Sedangkan para pengunjung ketika memasuki sebuah website pati menginginkan performa website tersebut baik, responsive dan loading secara cepat tanpa harus  menghadapi website yang lemot. Tentunya jika anda juga berperan sebagai pengunjung suatu situs website pastinya akan merasa kesal jika menemui website yang loadingnya lama. Biasanya kalau sudah seperti ini lebih baik menutup website dan mencari di website lainnya.

Jika Anda yang berperan sebagai pemilik website tentu tidak ingin hal tersebut terjadi kan? Kehilangan para pengunjung. Nah berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan loading website Anda.

  1. Lakukan tes kecepatan Website

Kategori pengelompokan kecepatan sebuah website dikatakan cepat jika kecepatan di bawah 1 detik,  bisa dikatakan kecepatan loading Anda sempurna. kecepatan yang berkisar antara 1-3  detik maka website Anda masuk dalam kategori di atas rata-rata, sedangkan untuk kecepatan 3-7 detik tergolong dalam rata-rata. Loading Website Anda dikatakan sangat buruk jika kecepatannya lebih dari 7 detik.  Beberapa tool yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui seberapa cepat  loadingnya dengan Pingdom, Google PageSpeed Insights, GTMetrix dan WebPageTest.

  1. Pilih hosting yang cepat dan handal

Pastikan Anda memilih hosting murah dan  terpercaya, karena Cepat atau lambatnya kecepatan website sangat bergantung pada hosting yang Anda pilih.ketika anda memilih penyedia hosting yang abal abal maka akibatnya Anda tidak dapat melakukan apapun jika hosting yang Anda gunakan saat ini lambat selain menggantinya dengan yang lebih cepat. Salah satu tips yang bisa jadi acuan ketika memilih hosting yaitu Jika pengunjung website Anda mayoritas dari Indonesia, maka pilih hosting dengan lokasi server di Indonesia atau boleh juga memilih lokasi server di Singapura karena letaknya yang tidak terlalu jauh dengan Indonesia.

  1. Kurangi Plugin yang tidak perlu

Anda dapat melakukan penghapusan plugin-plugin yang dirasa tidak perlu diinstall. pilihlah plugin yang penting dan memiliki efek yang baik pada website. Perlu diperhatikan lagi pilihlah plugin yang tidak banyak memuat script, tidak banyak request dan tidak menambahkan ekstra query pada database.

  1. Aktifkan Giz Compression

Ada beberapa cara untuk mengaktifkan Gzip pada website agar mempercepat loading website, jika kamu ingin menggubah tanpa plugin bisa dilakukan, hanya saja harus masuk ke cPanel dan menambah baris kode di .httaccess. Untuk yang paling mudah menggunakan plugin WordPress, nama pluginnya Check and Enable GZIP Compression, Adanya gzip compression akan membantu string yang serupa pada sebuah file teks. Ini juga bisa membuat ukuran file lebih kecil. Gzip juga bisa mengkompres ukuran halaman dan CSS sampai dengan 60% hingga 70% sehingga kecepatan website lebih stabil.

  1. Optimasi Ukuran Gambar

Ukuran gambar yang terlalu besar juga akan mempengaruhi kecepatan website. Namun untuk mengakali gambar yang ukuran besar dengan cara Plugin di WordPress, seperti Smush Image Compression and Optimization menawarkan cara mudah untuk meningkatkan kecepatan tanpa harus mengorbankan kualitas gambar.

  1. Pemilihan tema

performa setiap elemen yang ada dalam suatu tema memiliki dampak pada kecepatan keseluruhan website. alangkah baiknya Anda beralih ke tema WordPress yang ringan dan yang memiliki kemampuan untuk menonaktifkan fitur-fitur yang tidak Anda butuhkan.

Kecepatan website sangatlah penting khususnya bagi Anda yang menggunakan website untuk keperluan bisnis online. Itulah 10 cara mudah mempercepat website. IMSNet.id memiliki layanan hosting WordPress terbaik yang bisa kamu gunakan dengan berbagai keunggulan.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *