mistake 404 error computer free photo

Pernahkah Anda mengalami ERR_TOO_MANY_REDIRECTS ketika mengakses website? Jika Anda menggunakan Google Chrome biasanya akan menampilkan pesan error This webpage has a redirect loop. Sedangkan untuk browser Firefox akan tampil pesan error The page isn’t redirecting properly

Error ini biasanya disebabkan oleh kesalahan konfigurasi pengaturan WordPress sampai website anda akan redirection loop. 

Bagaimana Solusi Error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS di WordPress?

  1. Membuka Control Panel web hosting atau FTP
  2. Membuka area Admin WordPress

Cek settingan URL

Mengecek pengaturan URL via Administrator Dashboard

Pertama anda masuk pada administrator dashboard anda, kemudian anda klik SETTINGS, maka GENERAL SETTINGS akan muncul dengan default. Lalu anda cek WordPress Address atau URL dan Site Address atau URL. Perhatikan apakah URL yang anda cek sudah benar atau tidak. Jika instalasi WordPress anda menyimpannya pada subfolder, maka URL anda adalah www.namadomain.com/wp. Jika ada yang ingin diubah, jangan lupa untuk mengklik Save Changes di bagian bawah halaman.

Cek atau ubah setingan URL secara manual

Jika Anda tidak bisa mengakses Admin Area instalasi WordPress, maka ubah pengaturan URL dengan bantuan file wp-config.php. File dapat diedit melalui File Manager atau dengan mengunduh terlebih dulu file tersebut, kemudian mengeditnya, lalu mengupload kembali file yang sudah diedit melalui aplikasi FTP. Sebagai contoh, kami akan mengedit file di File Manager:

  1. Buka File Manager melalui control panel hosting Anda.
  2. Cari file wp-config.php
  3. Tekan Edit.
  4. Tambahkan line berikut ini ke file dan ubah http://namadomain.com ke URL yang akan digunakan oleh WordPress Anda (Misalnya, jika instalasi WordPress tersimpan di folder root (/public_html), maka sebaiknya gunakan nama domain Anda. Sebaliknya apabila instalasi WordPress tersimpan di subfolder (/public_html/wp), maka ganti ke URL yang mengarah ke sub-folder (http://namadomain.com/wp). Anda bisa menambahkan line yang telah disebutkan tadi setelah semua kode dimasukkan:
    define(‘WP_HOME’,’htttp://namadomain.com’);
    define(‘WP_SITEURL’,’http://namadomain.com’);
  5. Klik ikon Save untuk menyimpan perubahan yang Anda lakukan.
  1. Buka website Anda dan cek apakah perubahan pada URL sudah benar-benar mengatasi error ERR_TOO_MANY REDIRECTS WordPress.

Menonaktifkan Plugin

Yang menjadi penyebab error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS pada WordPress, biasanya disebabkan oleh plugin yang bermasalah. Untuk mengatasi hal ini caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menonaktifkan plugin yang menjadi penyebab error tersebut. Silakan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka File Manager melalui control panel hosting Anda.
  2. Cari dan buka folder wp-content. 
  3. Kemudian buka folder Plugins, dan pilih opsi Rename. Ubah nama folder Anda ke plugins_backup misalnya, atau Anda bisa mengganti namanya sesuai keinginan. Namun, jangan memberi nama plugins. Perubahan nama ini tidak akan mempengaruhi fungsi keseluruhan plugin Anda. Setelah semuanya selesai, jika mau, Anda bisa mengganti nama folder kembali ke plugins.
  4. Klik ikon Save untuk menyimpan perubahan yang dilakukan.

Nonaktifkan file .htaccess

  1. Akses File Manager melalui control panel hosting Anda seperti pada langkah 2.
  2. Pilih file .htaccess, kemudian klik kanan dan pilih Rename.
  3. Silahkan ubah nama file .htaccess misalnya menjadi .htaccessnonaktif.
  4. Setelah Anda mengubah nama file .htaccess, silahkan akses website Anda untuk memastikan apakah masih error atau sudah teratasi.
  5. Jika website Anda dapat diakses, berarti permasalahannya ada pada file .htaccess, hal ini dapat disebabkan terdapat konfigurasi yang bermasalah pada file tersebut. Silakan membuat file .htaccess default untuk memperbaiki hal ini.

Demikian 3 cara untuk mengatasi error dari ERR_TOO_MANY_REDIRECTS. Error ini penyebabnya bermacam-macam tergantung penyebabnya. Misalnya melakukan setting/ konfigurasi, kesalahan pada saat redirect ke server ataupun salah konfigurasi di servis pihak ketiga.

Informasi tambahan. Segera bikin website bisnis Anda sekarang juga. Manfaatkan paket Hosting Bisnis, Sertifikat SSL, serta nama domain populer dari IMSNet.id untuk menunjang performa situs Anda agar semakin optimal.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *