Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan (network operating system). Server biasanya disebut juga sebagai layanan yang mampu melakukan pekerjaan multifungsi yang melibatkan multi-device. Sehingga, dapat membuat sebuah perusahaan kecil dapat menggunakan server sebagai pusat pengolahan data perusahaan.

Tulisan ini akan membahs mengenai spesifikasi komputer server yang tepat sesaui kebutuhan anda

Sebelumnya kita bahas dahulu kegunaan komputer server:

  1. Melayani permintaan komputer client

Komputer Server bertanggung jawab atas layanan yang digunakan oleh client. Oleh sebab itu komputer sever harus mempunyai resource dan fitur yang support untuk pelanggan.

  1. Menyediakan resource untuk client

Menyediakan resource berhubungan dengan pelayanan kepada client. Mulai dari resource support aplikasi dengan software, atau berupa hardware.

  1. Bertanggung jawab atas pengaturan data

Segala jenis data dan informasi yang disimpan dalam komputer server dapat disimpan di dalam komputer server. Terutama dengan masalah keamanan data. Komputer server yang memiliki keamanan yang bagus dapat membuat data anda bebas dari virus dan hacker.

  1. Menyimpan file dari client

Data yang disimpan dari client dapat di akses bersama menggunakan file sharing. Biasanya data yang disimpan melalui komputer sharing memiliki pengaturan backup file dan anti malware.

  1. Mampu mengatur hak akses level dalam jaringan

Dalam mengakses komputer server ada beberapa level akses yang digunakan. Sehingga antara level satu dan lainnya hanya mempunyai akses untuk menggunakannya sesuai jobdesk, dengan tampilan hide yang diatur oleh super user. Sehingga tidak semua client bisa membuka data yang di simpan di komputer server.

Jenis-jenis server:

  1. Server web. Server web menunjukkan halaman dan menjalankan aplikasi melalui browser web. Server yang terhubung ke browser Anda sekarang adalah server web yang mengirimkan halaman yang sedang Anda lihat. Program klien, dalam hal ini, kemungkinan besar adalah browser seperti Internet Explorer, Chrome, Firefox, Opera, atau Safari. Server web digunakan untuk segala macam hal selain mengirimkan teks dan gambar sederhana, seperti untuk download dan backup file secara online melalui layanan cloud storage.
  2. Server email.  Server email memfasilitasi pengiriman dan penerimaan email. Jika Anda memiliki klien email di komputer Anda, perangkat lunak ini terhubung ke server email IMAP atau POP untuk mengunduh pesan Anda ke komputer Anda, dan server SMTP untuk mengirim kembali pesan melalui server email.
  3. Server FTP. Server FTP mendukung pemindahan file melalui alat Protokol Transfer File. Server FTP dapat diakses dari jarak jauh melalui program klien FTP.

Dalam memilih komputer server yang cocok buat bisnis atau perusahaan, Anda terlebih dahulu harus mengetahui beberapa komponen unggulan beserta spesifikasi oleh si penyedia layanan. Berikut penjelasan dari beberapa kompenen yang terdapat dalam komputer server yaitu :

  1. Central Processing Unit / CPU. CPU merupakan otak dari sebuah prosesor komputer. Biasanya banyak orang mengenal 2 pemain besar cpu yaitu Intel dan AMD. Bisanya, kebanyakan orang lebih memilih memakai Intel untuk Komputer server. Keunggulan dari Intel dari prosesnya yang lebih cepat. Bahkan Prosesor Intel mempunyai kecepatan baca serta tulis yang lebih cepat dari memori pada basis per-inti.
  2. Random Access Memory / RAM. Berfungsi untuk menentukan berapa banyak proses yang dapat dilakukan oleh otak di waktu yang sama. RAM adalah memori. Jika digunakan untuk server, maka anda membutuhkan RAM yang lebih besar agar proses dalam dalam website anda lebih cepat. Jika anda menggunakan VPS standar biasanya paling rendah 1GB dan ini sudah cukup untuk sebuah website dengan traffic yang tidak terlalu tinggi. Perlu diingat bahwa Anda memakai hanya beberapa porsi mesin, tidak seluruhnya. Anda dapat melihat perbedaan ini kalau Anda membeli dedicated servers karena biasanya ukuran RAM paling rendah sebesar 16GB.
  3. Kapasitas / Storage. Jika dulu anda biasa menggunakan HDD dalam komputer anda, maka sekarang SSD merupakan sebuah solusi untuk media penyimpanan yang lebih besar jika anda menggunakanya untuk server. Managed SSD VPS atau VPS SSD yang dikelola merupakan salah satu pilihan popular karena Anda akan mendapatkan peningkatan kecepatan yang tinggi. SSD bisa dibilang mempunyai beberapa keunggulan dibanding dengan hard drive atau HDD.

Setiap komputer memang dapat dijadikan sebagai server tetapi perlu anda ingat bahwa Anda perlu tahu dahulu apa saja kebutuhan Anda sebelum memilih hardware yang tepat untuk dijadikan server. IMSnet menyediakan paket hosting yang harganya patut dipertimbangakan dibandingkan penyedia jasa hosting yang lainnya.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *