Penggunaan Fitur push notification dengan konsep pop-up tersebut belakangan semakin marak digunakan karena fungsinya yang memang cukup signifikan. Konsep wordpress push notification pada dasarnya sedikit mirip dengan email newsletter. Perbedaan utamanya, email newsletter mengirimkan informasi ke inbox email, sedangkan WP Push Notifications mengirimkannya langsung melalui notifikasi perangkat desktop maupun mobile.

Dulu, push notification hanya terbatas pada aplikasi dan update sistem. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, push notification menjadi lebih familiar untuk diaplikasikan ke website.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan WP Push Notifications.

  1. Meningkatkan Traffic Website

Push notification mengirimkan pemberitahuan atau notifikasi ke user tentang konten baru yang dipublish di situs Anda. informasi yang Anda sampaikan dapat dilihat oleh pengunjung Anda dengan mengirimkan pemberitahuan langsung di desktop.

  1. Memperluas Jangkauan Posting Website
  2. Meningkatkan Penjualan
  3. Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah klik adalah mengaktifkan push notification website.

Ada banyak cara untuk membuat fitur push notification di website WordPress. Salah satu yang akan kita bahas kali ini adalah dengan memanfaatkan plugin OneSignal push notification. Sebenarnya, masih banyak tool di WordPress yang bisa Anda gunakan untuk membuat push notification website.  Pada artikel kali ini kita akan akan menggunakan plugin OneSignal untuk menambahkan push notification di WordPress. 

  1. Install plugin OneSignal

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yakni menginstall plugin OneSignal dengan cara masuk ke dashboard WordPress kemudian pilih menu Plugin,Klik opsi Add New dan dengan menggunakan kolom pencarian yang ada di layar selanjutnya, cari plugin OneSignal. Setelah itu, install dan aktifkan plugin tersebut

  1. Buat Akun OneSignal

Setelah plugin berhasil terpasang, Anda nantinya akan dihadapkan dengan kolom untuk prosess konfigurasi kode API. Caranya dengan mendaftar terlebih dahulu ke situs Onesignal.com. Anda bisa mendaftar dengan menggunakan informasi dari berbagai platform media sosial yang dimiliki, atau bisa juga dengan email. Setelah mengisi semua data yang dibutuhkan Anda bakal diminta untuk mengkonfirmasi pendaftaran via email.

  1. Melakukan Setting Aplikasi Push Notification

Langkah selanjutnya dalam proses pengaturan plugin OneSignal adalah membuat aplikasi untuk mengdapatkan API KEY dan APP ID. Apa itu API KEY dan APP ID? Secara umum keduanya merupakan kode khusus alfanumerik yang berguna untuk mengintegrasikan plugin OneSignal di website dengan layanan yang diberikan.

Catat dan simpan API KEY dan APP ID ini, kemudian masuk lagi ke dashboard WordPress untuk mem-paste di bagian menu Configuration pada plugin OneSignal push notification.

  1. Melakukan Tes

kotak pop-up web push notification dari OneSignal sendiri tidak akan tampil secara terus menerus meski pengunjung memutuskan untuk tidak berlangganan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bakal mengurangi tingkat user experience yang sudah dibangun.

Untuk melakukan tes anda dapat mengetikan URL di browser Google Chrome atau Mozilla Firefox. Jika setting sudah dilakukan dengan benar, seharusnya beberapa detik setelah halaman terload secara sempurna bakal muncul sebuah menu pop-up berisi tombol “Allow” untuk berlangganan serta tombol “Deny” untuk menolak berlangganan.

Dapatkan berbagai promo domain menarik untuk kebutuhan website Anda. beli domain .COM hanya Rp124 ribuan untuk pendaftaran 1 tahun pertama. Selain promo .com, ada juga penawaran untuk ekstensi domain lainnya seperti .ID, .MY.ID, atau domain internasional lainnya.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *