help.poralix

Multisite WordPress memungkinkan user untuk dapat mengelola puluhan hingga ratusan website secara sekaligus dalam satu akun WordPress. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai cara pembuatan wordPress multisite.

Pengertian WordPress Multisite

WordPress Multisite adalah fitur bawaan WordPress yang mengijinkan user membuat beberapa website pada satu akun. Dengan menggunakan WordPress Multisite, Anda dapat mengelola ratusan, ribuan, bahkan jutaan website. Termasuk juga mengelola fitur, tema, dan peran yang ada.

Kegunaan  WordPress multisite

  1. Anda dapat melakukan hampir apapun hanya dari satu dashboard saja.
  2. Sebagai administrator Multisite Anda mengelola tema dan plugin untuk seluruh jaringan. Anda dapat memilih mana tema dan plugin yang dapat digunakan untuk jaringan Anda
  3. Sebagai administrator jaringan, Anda dapat memperbarui semua situs Anda ke versi terbaru WordPress segera setelah informasi update tersebut diberitahukan. Sehingga mempermudah Anda untuk mengelola update WordPress
  4. Multisite juga memungkinkan Anda untuk menambahkan pengguna baru ke jaringan dan mengatur peran mereka.
  5. Anda dapat mengelola tiap-tiap subdomain/sub-direktori yang ada di root domain dengan satu dashboard utama.
  6. Update script, tema dan plugin dapat dilakukan satu kali saja karena semua dapat diatur melalui dashboard utama (Network Admin) yang dimiliki oleh Super Admin.
  7. Dengan satu instalasi WordPress, Anda bisa mengelola hingga ratusan website di dalamnya.
  8. Setiap website memiliki admin sendiri, sehingga Anda tidak kesulitan mengurus website-website yang ada di dalam Multisite WordPress.

Cara Membuat WordPress Multisite

ketika saat memulai install WordPress, Pada bagian ‘Site Settings’ terdapat pilihan ‘Enable Multisite (WPMU)’, berikan tanda ceklis untuk mengaktifkan fiturnya. Setelah itu prosesnya sama seperti instalasi WordPress biasa sampai selesai.

Setelah proses instalasi selesai tahapan selanjutnya yaitu cara mengaktifkan WordPress multisite. Berikut cara mengaktifkan WordPress multisite

  1. Silahkan login ke akun cPanel hosting yang Anda miliki. 
  2. Pilih menu ‘Files’ kemudian ‘File Manager’. 
  3. Pilih ‘public_html’ lalu pilih folder domain WordPress Anda, biasanya namanya mengikuti domain website.
  4. Temukan file ‘wp-config.php’ klik kanan dan edit. 
  5. Scroll ke bawah dan temukan tulisan /* That’s all, stop editing! Happy Publishing. */. Kemudian tambahkan script di bawah tulisan tersebut seperti ini

/* Multisite */

define( ‘WP_ALLOW_MULTISITE’, true );

  1. Klik ‘Save Changes’ pada pojok atas.
  2. Langkah selanjutnya silahkan login ke akun WordPress utama Anda.

Setelah Anda berhasil login ke akun WordPress, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk konfigurasi WordPress multisite

  1. Pertama non-aktifkan plugin yang sudah terinstall pada WordPress. Caranya silahkan klik menu ‘Plugins’ lalu ‘Installed Plugin’. Non aktifkan semua plugin yang ada sementara agar proses seting berjalan lancar. Caranya klik pada bagian ‘Deactive’ setiap plugin-plugin tersebut. 
  2. Pilih menu ‘Settings’ lalu pilih ‘Network Setup’. Anda akan disuruh menambahkan beberapa script coding pada wp-config.php dan pada .htaccess. 
  3. Untuk cara menambahkan di wp-config.php, silahkan login ke cPanel kemudian pilih File Manager > Public_html > Folder domain Anda > wp-config.php, selanjutnya tambahkan script code seperti dibawah setelah tulisan /* That’s all, stop editing! Happy Publishing. */:
define(‘MULTISITE’, true);
define(‘SUBDOMAIN_INSTALL’, false);
define(‘DOMAIN_CURRENT_SITE’, ‘multisite.ujiproduk.com’);
define(‘PATH_CURRENT_SITE’, ‘/’);
define(‘SITE_ID_CURRENT_SITE’, 1);
define(‘BLOG_ID_CURRENT_SITE’, 1);
  1. jika sudah silahkan ‘Save Changes’
  2. Selanjutnya masih pada lokasi yang sama, cari file .htaccess, kemudian tambahkan script coding dibawah ini
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ – [L]

# add a trailing slash to /wp-admin

RewriteRule ^([_0-9a-zA-Z-]+/)?wp-admin$ $1wp-admin/ [R=301,L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} -f [OR]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} -d
RewriteRule ^ – [L]
RewriteRule ^([_0-9a-zA-Z-]+/)?(wp-(content|admin|includes).*) $2 [L]
RewriteRule ^([_0-9a-zA-Z-]+/)?(.*\.php)$ $2 [L]
RewriteRule . index.php [L]
  1. klik ‘Save Changes’.
  2. Untuk pengecekan Silahkan pergi ke dashboard WordPress Anda, jika proses membuat WordPress multisite Anda benar akan muncul menu baru untuk ‘Create a New Site’.

Dengan Multisite WordPress, Anda tidak perlu kerepotan untuk mengurus situs lain. Melalui menu Network Admin, Anda dapat mengaktifkan maupun menon-aktifkan plugin, tema, dan fitur lain hanya dengan satu klik saja. WordPress Multisite merupakan fitur canggih yang dapat Anda gunakan secara gratis. Kami memiliki rekomendasi layanan penjualan domain hosting dari IMSNet.id yang memiliki harga menarik, Segera kunjungi website IMSNet.id

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *