Cara Membuat Website Multibahasa di WordPress. – Jika Anda berkeinginan untuk membuat sebuah website multi bahasa. Maka artikel ini akan membahas tentang membuat website dengan banyak pilihan bahasa. Ada beberapa plugin untuk membuat situs WordPress Anda mendukung multi-bahasa. Plugin-plugin tersebut bekerja dengan cara yang berbeda dan beberapa diantaranya mungkin lebih cocok dengan kebutuhan spesifik Anda daripada yang lain. 

Plugin-plugin multibahasa dibawah ini menggunakan metode yang berbeda-beda untuk melakukan terjemahan pada situs WordPress, usahakan mencoba terlebih dahulu dan pilih yang paling sesuai sebelum Anda benar-benar menggunakan untuk tujuan jangka panjang. Dan berikut adalah beberapa plugin multi bahasa terbaik yang bisa Anda coba:

  1. Weglot

Weglot memiliki lebih dari 60 pilihan bahasa. Plugin ini mampu mendeteksi komponen apa saja yang perlu ditranslasikan, dan melakukan translasi secara otomatis. Hasil translasi pun bisa dilihat secara langsung. Jika pun Anda kurang puas dengan hasil translasi, Anda bisa bisa mengeditnya via Weglot Dashboard.

Dengan paket termurah Rp131.000 tersebut, Anda mendapatkan pilihan translasi ke satu bahasa sebanyak 10.000 kata. Tentu Anda bisa mengubah paket sesuai kebutuhan. 

Kelebihan:

  • Buat website multibahasa dengan kualitas tinggi dan waktu yang cepat.
  • SEO-friendly.
  • Weglot Dashboard memudahkan penyuntingan teks, media, dan meta.

Kekurangan:

  • Fitur hanya tersedia ketika berlangganan.
  1. Polylang

Plugin berlogo kepala burung Kakak Tua ini merupakan plugin multi bahasa yang cukup populer. Tercatat, Polylang memiliki 400.000 instalasi aktif dan mendapatkan rating hampir sempurna, 4,5.Untuk fitur gratis, Anda perlu mengalihbahasakan elemen website secara mandiri. Sedangkan, untuk mendapatkan hasil translasi profesional atau otomatis, Anda perlu menginstall add-on tambahan, yaitu Lingotek Translation.

Kelebihan:

  • Ada dokumentasi dan FAQ lengkap jika Anda membutuhkan informasi mengenai penggunaan plugin.
  • Terdapat komunitas support jika Anda membutuhkan bantuan ketika menemui kendala ketika menggunakan plugin.

Kekurangan:

  • Dengan versi gratis, Anda perlu melakukan translasi secara mandiri.
  • Perlu versi premium untuk mengoptimasi permalink atau slug konten translasi secara otomatis.
  1. Transposh

Plugin ini mampu melakukan translasi ke 117 bahasa. Termasuk di dalamnya adalah Bahasa Indonesia dan Basa Jawa.

Plugin ini memiliki dashboard yang bagus dengan banyak fitur. Untuk memulai, Anda terlebih dahulu memilih bahasa yang Anda inginkan. Selanjutnya, tempatkan widget di mana Anda inginkan. Pengunjung Anda dapat memilih dari kotak dropdown dan setiap elemen situs Anda diterjemahkan ke dalam bahasa yang mereka pilih.

Kelebihan:

  • Bisa dapatkan hasil translasi dengan cepat dan mudah.
  • Terintegrasi dengan jasa alih bahasa profesional.
  • Hasil translasi bisa ditemukan di Google dan mesin pencari lainnya.
  • Memiliki alternate hreflang yang direkomendasikan oleh Google.

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengeluhkan sulitnya untuk mengedit hasil translasi.
  • Hasil translasi otomatis tidak sepenuhnya tepat.
  1. Xili Language

Anda dapat menerjemahkan konten Anda ke dalam beberapa bahasa dan menyediakan widget sebagai menu perubahan bahasa sehingga pembaca dapat memilih bahasa yang mereka inginkan.

Anda menambahkan bahasa dengan memilih mereka dari daftar di dashboard. Anda dapat mengatur agar muncul dalam daftar. Setelah Anda menambahkan bahasa Anda harus memilih server untuk memperbarui file .mo. Post akan diterjemahkan ke dalam bahasa baru dan disimpan sebagai draft. Anda dapat mempublikasikan bahwa posting untuk pembaca dalam bahasa tersebut. Anda dapat merefresh daftar bahasa dan menerjemahkan lagi ke dalam bahasa lain.

  1. WPML

Plugin multibahasa ini berjalan di situs WordPress instalasi tunggal. Anda dapat memilih lebih dari 40 bahasa dan menambahkan varian bahasa Anda sendiri. Anda juga dapat mengatur isi bahasa yang berbeda dalam domain yang sama di bawah direktori bahasa yang berbeda, di subdomain, atau domain yang berbeda. Plugin ini memungkinkan Anda mengatur posting multibahasa dalam satu posting peribahasa. Ini akan menerjemahkan halaman, posting, jenis kustom, menu, dan teks dalam theme Anda. 

Dengan membuat website multisite maka website Anda akan  mendapatkan  banyak traffic. Memiliki website multibahasa tidak hanya membuat traffic bertambah. Jika dilihat lebih dalam lagi, pilihan bahasa yang beragam bisa memperluas audiens Anda. Jangan lupa untuk membeli domain dan memanfaatkan hosting murah dari IMSNet.id dapatkan segera dengan mengujungi websitenya.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *