imsnet.id

Cara Membuat Website Berita dengan WordPress. – CMS WordPress merupakan salah satu jenis CMS yang paling popular  untuk membuat website dan dengan CMS WordPress Anda dapat membuat website portal berita dengan kualitas tinggi. Anda juga bisa membuat website berita seperti The New York Times menggunakan WordPress. Di bawah ini saya akan menjelaskan cara membuat website berita dengan mudah menggunakan WordPress.

  1. Tentukan Topik Utama

Carilah topik utama yang akan dibahas dalam web portal berita Anda. Usahakan cari topik yang belum banyak dibahas oleh web portal berita lain. Lakukan riset terlebih dahulu dan temukan topik-topik menarik yang berpotensi mendatangkan pembaca, tetapi masih belum mendapatkan tempat yang layak di media online mainstream.

  1. Pilih Domain dan Hosting

Untuk membuat website berita menggunakan WordPress, Anda perlu membeli domain dan hosting agar website tersebut dapat diakses secara online.  Domain adalah alamat yang digunakan pengunjung untuk mengakses website Anda. Sedangkan hosting adalah tempat yang berfungsi untuk menyimpan semua file/script website Anda. Anda bisa membeli domain dan hosting dalam satu paket. Bahkan untuk pembelian paket hosting domain tertentu, Anda bisa mendapatkan domain gratis selamanya. Selain itu, Anda juga bisa menginstall WordPress secara otomatis.  anda bisa melakukan cek ketersedian domain dan beli domain murah di website IMSNet.id di link tersebut.

  1. Memilih Tema

Jika WordPress sudah terpasang, Anda bisa langsung mengakses dashboard WordPress melalui URL Login Admin seperti http://beritaanda.com/wp-admin. 

Masukkan username dan password yang tertera pada email di bagian Informasi Akun Website kemudian klik Login. Anda bisa mengganti username dan password di dashboard sesuai dengan keinginan Anda.

  • Pilih menu Appearance > Themes 
  • Kemudian anda akan diarahkan di menu tema lalu klik Add New untuk menambahkan tema baru.
  • Anda bisa mencari tema wordpress melalui kolom pencarian.
  • Anda pun dapat menggunakan tema yang lain melalui fitur Upload Theme.
  1. Pasang Plugin Penting

Dengan menggunakan plugin, Anda bisa menambahkan berbagai fitur berguna di website Anda. misalnya tombol share di media social. Banyak plugin yang bisa Anda pasang di website Anda. misalnya Plugin SEO, Plugin Keamanan, Plugin Mobile, Plugin Media Sosial.

  1. Optimasi SEO

Dengan kualitas SEO yang baik, website berita Anda akan lebih mudah ditemukan di hasil pencarian Google.

  1. Optimasi Kecepatan

Menurut riset Google, 53 persen pengguna internet Indonesia meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik. Selain itu, sekali pengunjung mengalami loading lama di website Anda, kemungkinan besar mereka tidak akan kembali mengunjungi website Anda. Optimasi kecepatan web terdiri dari berbagai langkah, dari optimasi gambar, aktivasi caching, konfigurasi, plugin, dan lain-lain.

  1. Buat Konten Berkualitas

Tanpa konten yang berkualitas tinggi, website berita Anda akan sulit untuk memenangkan persaingan di antara website berita dan media online lainnya.  Konten yang berkualitas adalah konten yang lengkap dan mampu memberi kepuasan kepada pengunjung web. Jadi pastikan Anda memberikan jawaban yang tepat kepada pengunjung website berita Anda.

Sudah paham mengenai cara membuat website berita. Saatnya anda melakukan pengecekan domain dan melakukan hosting. Manfaatkan informasi yang anda dapatkan untuk menciptakan media berita yang anda impikan.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *