Slider adalah  suatu Fitur yang akan menampilkan gambar yang berganti secara otomatis atau ketika Anda melakukan klik, maka gambar akan melakukan transisi dengan sendirinya. Anda mungkin lebih mengenal fitur ini dengan nama slideshow.

Ketika anda mengunjugi suatu website pasti kebanyakan menggunakan slider ini unruk menampilkan tampilan yang menarik dan atraktif. Selain daripada itu Tujuannya memang agar semua bisa ditampilkan dalam satu tempat, bayangkan jika ditampilkan satu persatu maka akan membutuhkan space yang yang banyak. Kali ini kamu akan mengetahui bagaimana cara pembuatannya dengan melalui wordpress

Berikut cara membuat slider di WordPress dengan cepat:

Pertama Anda harus menginstall terlebih dahulu plugin Smart Slider melalui menu plugin yang ada di dashboard WordPress, pilih “Dashboard > Plugin > Add New” Anda cari plugin dengan nama Smart Slider dan install.

Setelah plugin smart slider terinstall dan diaktifkan, cari dan klik tab Smart Slider di dashboard maka akan muncul tampilan awal Smart Slider. Kalian bisa pilih New Slider untuk membuat slider dari awal atau memilih template library dengan berbagai pilihan untuk mempercepat Anda membuat slider. Disini Saya akan memilih New Slider.

Kalian isi nama slidernya, pilih ukuran yang kalian inginkan atau biarkan saja. Pilih preset ingin seperti apa misal full width dan terakhir pilih contoh slider template yang ingin kalian gunakan. Disini saya pilih free layer slider.

Langkah 2 : Konfigurasi Slider

Setelah kalian pilih contoh slider nya, kalian klik edit . Kalian bisa memlih gambar apa untuk backgroundnya, caranya klik background gambarnya lalu pilih icon galeri. Ganti dengan gambar yang kalian sudah sediakan atau kalian inginkan.  Untuk mengganti tulisan caranya sama seperti mengganti gambar. Kalian klik tulisan yang ingin kalian rubah dan tulis disebelah kiri kata – katanya. Selanjutnya kalian bisa explore sendiri seperti ubah warna button, tambahkan tulisan lain, tambahkan gambar, tambahkan link di button, atau ganti background animations seperti dibawah ini. Setelah selesai jangan lupa klik tombol save di sebelah kanan atas

Langkah 3 : Menampilkan Slider

Setelah kalian sudah membuat slider, menambahkan gambar, tulisan dan lain – lain, kini saatnya kalian tampilkan di halaman yang kalian inginkan. Anda tinggal menyalin shortcode yang tersedia kemudian menambahkannya ke dalam halaman atau postingan. Untuk mendapatkan shortcode, buka Tab Smart Slider dan pilih slider yang kalian buat tadi,

Salin shortcode slider yang ingin ditambahkan, kemudian buka editor halaman atau postingan, dan tempelkan shortcode di mana saja untuk memunculkan slider di WordPress. Nantinya slider yang kalian buat akan muncul.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *