Pasti Anda pernah mengunjungi sebuah website, ketika Anda memasukinya ada tampilan gambar yang bergerak  gambarnya berubah saling bergantian secara otomatis. biasanya berisi info-info penting seperti promo, diskon, postingan terbaru atau tentang info produk. Fitur untuk menampilkan gambar bergerak ini dikenal dengan nama sliders atau disebut juga dengan nama carousel. Slider di website dapat Anda pasang dengan mudah. Selain itu juga mempunyai beberapa manfaat. Slider menampilkan informasi artikel terbaru atau artikel yang sengaja disematkan (pinned) supaya dapat tertampil di halaman pertama. 

Hal ini akan memudahkan pengunjung untuk membuka artikel terbaru. Konten yang tertampil di bagian slider dapat mencuri perhatian pengunjung lebih besar daripada konten yang lainnya. Contohnya  website e-commerce dapat memanfaatkan fitur slider untuk mengenalkan produk yang sedang dipromosikan, produk dengan penjualan terbanyak, atau produk andalan.  Dengan memanfaatkan berbagai fitur ini, Anda dapat mengubah tampilan slider yang membosankan menjadi lebih menarik dan indah.

Namun Anda juga harus memperhatikan beberapa pertimbangan ketika ingin memberikan sebuah slider di website Anda. Terlalu banyak slider yang Anda pasang di halaman website bisa mengakibatkan website tidak berjalan dengan baik. Slider yang memuat konten yang cukup besar dapat membuat website lambat untuk diunduh dan navigasi pengunjung menjadi kacau.

WordPress secara default memang tidak menyediakan pilihan fitur slider, tapi Anda dapat memasangnya sendiri. Supaya dapat menggunakan fitur ini, Anda harus menginstall plugin yang fungsinya untuk menambahkan slider di dalam tema.

Cara Membuat Slider dengan menggunakan plugin Master Slider di WordPress

  1. Login ke akun WordPress Anda.
  2. Kemudian pada bagian dashboard WordPress pilih Plugin > Add New.
  3. klik Create New Slider untuk menambahkan slide baru ke dalam website Anda.
  4. Plugin akan mengkonfirmasi tipe slider seperti apa yang hendak dibuat. Anda punya 8 pilihan slider, termasuk horizontal slider dengan dan tanpa thumbnails:
  5. Anda dapat memilih Sample Sliders sesuai dengan kebutuhan.
  6. Anda kemudian akan diarahkan ke pengaturan slides. Pada tab ini Anda dapat menambahkan ke slider dengan menggunakan WordPress uploader atau dengan memilih gambar yang sudah ada di media penyimpanan Anda.
  7. Anda dapat menambahkan gambar atau foto ke dalam slider menggunakan menu ini.
  8. Pada menu yang sama, ketika Anda scroll ke bawah terdapat pengaturan slider lainnya. Anda dapat menyesuaikan tampilan dan berbagai tambahan fitur melalui menu di bawahnya.
  9. Selanjutnya anda dapat melakukan pengaturan di beberapa pengaturan tambahan.
  10. Hal yang perlu Anda lakukan sekarang akan melakukan review terhadap slider yang sudah Anda buat. Caranya tinggal scroll saja ke bawah dan Anda dapat melihat gambar serta tampilan slider yang nantinya muncul di website.
  11. Setelah selesai di Tab Slides, Anda dapat melanjutkan pengaturan melalui Tab Slider Setting, Slider Control, dan Slider Callbacks. Ketiga tab ini dapat Anda gunakan untuk mengatur berbagai pengaturan slider lainnya.
  12. Setelah Anda selesai membuat slider tadi, akan terdapat list slider yang sudah dibuat. Setiap list mempunyai shortcode di sampingnya. Maka dari itu, Anda tinggal menyalin shortcode yang tersedia kemudian menambahkannya ke dalam halaman atau postingan. Untuk mendapatkan shortcode, buka Tab Master Slider yang ada di dashboard WordPress.
  13. Salin shortcode slider yang ingin ditambahkan, kemudian buka editor halaman atau postingan, dan tempelkan shortcode di mana saja untuk memunculkan slider di WordPress.
  14. jangan lupa klik Updateuntuk menerapkan perubahan yang dilakukan.

Meskipun pemasangan slider di WordPress dapat dilakukan secara manual, tetapi ketika menggunakan plugin pemasangan slider di WordPress menjadi lebih mudah dan sederhana. Biasanya slider dijadikan alternatif header yang mampu menarik lebih banyak user untuk mengakses dan mengenal lebih jauh mengenai suatu website.

Tak lupa juga kami ingatkan untuk Anda untuk memanfaatkan promo domain dan hosting terbaik Indonesia dari IMSNet.id sebagai infrastruktur, agar brand Anda semakin dikenal. Tidak perlu mengeluarkan banyak modal, karena layanan hosting di IMSNet.id  bisa didapatkan dengan harga mulai Rp 12 ribuan perbulan

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *