Melalui tutorial berikut ini kami akan menunjukkan kepada Anda cara membuat auto reply email di cPanel dengan menambahkan email Autoresponder. Email Auto Reply atau Autoresponder adalah fitur pada cPanel yang dapat menjawab email secara otomatis. Hal ini berguna untuk banyak hal, misalnya mengirimkan pemberitahuan pada pengirim ketika Anda sedang berlibur sehingga sedang tidak dapat mengakses email, maupun mengirimkan promo secara berkala. Pesan otomatis juga dapat membuat pelanggan merasa Anda membalas email mereka dengan cepat.

  1. Pertama masuk ke halaman login ke cPanel, kemudian pada dashboard cPanel silahkan cari menu Emails dan pilih bagian Autoresponders
  2. Selanjutnya pilih nama domain yang akan digunakan, dengan memilih nama domain pada kolom Managing dan Add Autoresponder
  3. Setelahnya Anda akan menemukan tampilan form. Isikan informasi yang diminta pada kolom yang tersedia.

Character Set. Character Set adalah daftar karakter yang didefinisikan atau diakui oleh hardware komputer dan software. Silakan isi dengan utf-8.

Interval adalah waktu tunggu dari Autoresponder membalas email. Jika Anda isi dengan angka 0, Autoresponder akan membalas email dalam waktu yang hampir sama dengan saat si pengirim mengirimkan email. Kebanyakan penyedia hosting mengisikan limit di sini untuk pengiriman email. Value 0 sebenarnya tidak kami rekomendasikan. Untuk menghindari gangguan pada layanan email, kami menyarankan agar Anda mengisi 1 jam atau lebih, tergantung kebutuhan.

Email: Kolom ini berisi nama email Anda. Jika email Anda adalah test@namadomain.com, berarti Anda hanya perlu mengisi ‘test’ saja di sini.

Domain: Silakan isi dengan nama domain email Anda. Apabila email Anda adalah test@namadomain.com, isi kolom ini dengan namadomain.com.

Form: Kolom Form ini menunjukkan nama pengirim dari Autoresponder. Silakan isi dengan nama Anda.

Subject: Ini adalah kolom subject dari Autoresponder. Kolom ini memungkinkan Anda untuk mengisi subject seperti contoh menawarkan promo pada setiap balasan email Anda ataupun subject lainnya.

Start : Custom berisi tanggal ketika Autoresponder aktif. Sebagai alternatif, Immediately dapat dipilih untuk aktivasi secara instan.

Stop : Custom berisi tanggal berakhir dari Autoresponder. Jika memilih Never, Autoresponder akan selalu aktif. 

Setelah semuanya sudah selesai dikonfigurasi, silakan klik tombol Create. Selanjutnya akan tampil pesan sukses

5. Tes Autoresponder. Tes Autoresponder cukup mudah dilakukan dengan cara mengirim email menggunakan akun email Anda yang lain. Kendalanya biasanya hanya satu, email terkadang membutuhkan waktu beberapa menit sebelum terkirim. Hal ini bergantung dari lalu lintas server email Anda. Jika Autoresponder tidak berfungsi, Anda dapat menghubungi pihak hosting untuk meminta bantuan mengenai hal ini.

6. Edit dan Delete Autoresponder. Autoresponders dapat Anda ubah kapanpun Anda inginkan melalui tombol Edit di menu Autoresponders yang ada di cPanel hosting Anda. Jika Autoresponders sudah tidak diperlukan, Anda dapat menghapusnya menggunakan tombol Delete

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *