Ketika Anda membuat sebuah email menggunakan penyedia layanan email seperti gmail atau yahoo. Tetapi dengan bermodalkan sebuah domain dan hosting anda dapat membuat akun email sendiri Sebagai contoh, mail@namadomainanda.com, mail@domainsaya.net dan sebagainya.

Untuk membuat email tersebut, anda diharuskan memiliki layanan hosting terlebih dahulu. Adapun langkah – langkah membuat email dengan domain sendiri di cPanel adalah sebagai berikut

  1. Login ke cPanel

silahkan akses cPanel Anda, untuk mengaksesnya dapat melalui https://namadomain/cpanel Kemudian login menggunakan username dan password cPanel Anda.

  1. Setelah berhasil masuk ke cPanel, silahkan buka menu Email Accounts pada kolom Email. Anda juga dapat mengetikkan Email Accounts pada kolom pencarian di cPanel.
  2. Silakan masukkan nama dari akun email yang ingin Anda buat, misalnya namaanda@domainanda.com. Setelah itu silahkan masukkan password yang ingin Anda gunakan untuk email Anda.  kemudian tentukan kapasitas untuk account email tersebut. 
  3. Setelah mengisi semua data yang Anda perlukan, silakan klik tombol Create Account. Selanjutnya Anda akan melihat pesan bahwa akun telah berhasil dibuat.

Cara mengakses Email

  1. Silakan masuk ke menu Email Accounts lalu klik Check Email
  2. masuk ke interface webmail. Anda dapat memilih Roundcube sebagai interface webmail Silakan klik Open agar dapat mengakses halaman pengelolaan email.
  3. Pada tampilan Webmail. Di sini anda bisa cek inbox, pesan terkirim atau mengirimkan pesan melalui webmail ini. 

Untuk menghapus  Akun Email Pilih menu Manage lalu scroll kebagian bawah dan klik Delete Email Account

Dengan menyelesaikan langkah tutorial cara membuat email di cPanel ini, Anda telah berhasil membuat akun email dengan domain Anda sendiri. Kesan profesional suatu web bisnis juga bisa terlihat dari domain yang digunakannya. Oleh karena itu, gunakanlah custom domain yang mencantumkan nama bisnis Anda, serta diikuti dengan ekstensi TLDs (contoh: .com, .net, dan .org) maupun ccTLDs (seperti: .id dan .c

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *