XAMPP membantu Anda membuat versi offline dari website. Semisal Anda sedang mengutak-atik website dan ternyata error, Anda tak perlu khawatir error tersebut muncul di website online. XAMPP merupakan solusi bagi Anda yang ingin menjalankan web server dan database di localhost komputer. Bahkan dengan Adanya XAMPP, Anda bisa memiliki website tanpa harus memiliki hosting atau domain lebih dahulu. Jadi Anda bisa fokus mengutak-atik website dalam versi offline. XAMPP adalah perangkat lunak yang terdiri atas Apache, MySQL, dan PHP yang memungkinkan Anda memiliki server lokal. Dengan menggunakan server lokal ini, Anda bisa memulai untuk mendevelop website atau aplikasi dan juga membuat database.

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas cara instal xampp. Kali ini kita akan membahas cara membuat database.

  1. Pertama-tama masuk ke phpmyadmin di XAMPP. Caranya, ketik di browser dengan alamat  localhost/phpmyadmin
  2. Kemudian coba klik menu “Database”. Jika sudah, Anda coba masukkan nama database yang Anda inginkan (bebas). Setelah itu barulah Anda klik “Create” di pojok kanan bawah dalam kotak menu Database tadi. Catatlah apa nama database yang Anda masukkan itu, karena akan dipakai lagi ke depannya.
  3. Selanjutnya menambahkan nama “user” untuk database yang baru saja Anda buat. Silahkan masuk ke database yang sudah dibuat. Anda bisa menemukannya di bagian sebelah kiri. Setelah itu, klik Nama database tersebut kemudian klik menu “Privileges”. Lanjutkan dengan klik “Add user”.
  4. Setalah Anda klik “Add User” maka akan muncul form pembuatan user baru. Pada kolom “username”, Anda bisa mengisikannya dengan nama apapun yang Anda inginkan. Kemudian isikan juga “host”, gunakan “use text field” saja, lalu isikan dengan “localhost”. Selanjutnya isikan “password” 2 kali dan harus sama. Terakhir, ceklist “grant all privileges on database”.
  5. Scroll ke bawah, dan Anda akan menemukan opsi “Global Privileges” guna memberikan hak akses kepada user untuk mengelola semua database, klik “Check All” . Setelah itu, klik tombol “Add User”.
  6. Langkah membuat database dengan XAMPP dan user di phpmyadmin sudah selesai. Secara default, aplikasi XAMPP mempunyai default user bernama “root” dan tanpa password.

Itulah beberapa cara membuat database di MySQL yang dapat Anda coba. Jika Anda memiliki pertanyaan yang berhubungan dengan tutorial ini silahkan tulis dikomentar.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *