Keamanan, Perlindungan, Bisnis, Privasi, Kunci, Sandi

Untuk melindungi folder yang ada dari ancaman di dunia maya, tentu anda harus melakukan sesuatu terhadap folder tersebut. Sehingga, ketika ada orang lain yang berhasil masuk ke hosting, anda tetap dapat memberikan “proteksi” untuk folder- folder yang dirasa penting. 

Sebelum melakukan proteksi terhadap folder- folder yang ada di hosting, anda harus mempersiapkan folder apa yang ingin dilindungi terlebih dahulu. Apakah itu folder yang berisikan file website, file backup, atau mungkin hanya berisikan file- file tertentu. 

Berikut ini adalah cara memberi password pada folder di cPanel

  1. Login cPanel

Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu login ke cPanel terlebih dahulu melalui https://namadomain/cpanel

  1. Temukan menu Directory Privacy di bagian Files
  2. Nah, kemudian anda akan diarahkan ke halaman Directory Privacy. Anda dapat memilih folder/ direktori yang ingin diproteksi (ingin dipasang password). Setelah ditentukan, lalu folder tersebut di klik. 
  3. Aktifkan Password Protection
  4. Untuk mengaktifkan password untuk direktori, silakan beri tanda centang pada pilihan Password protect this directory dan masukkan nama untuk directory.
  5. Setelah itu silahkan klik Save untuk mengaktifkan password protection.
  6. Buat User Yang Akan Mengakses Direktori

Saat ini direktori sudah dilindungi password. Hanya saja, Anda belum menetapkan user yang dapat mengaksesnya. Oleh karena itu Anda perlu membuat user yang dapat mengakses direktori tersebut. 

Pada halaman yang sama, di bagian Create User, silahkan masukkan Username dan password kemudian klik Save. Pastikan untuk menggunakan password yang sulit ditebak, bisa berupa kombinasi huruf dan angka.

Jika anda ingin menghapus proteksi folder yang telah dilakukan, silahkan lakukan hal berikut. 

Pilih folder yang telah terproteksi. Lalu klik menu tersebut.

Hilangkan tanda centang pada “Password protect this directory”. Lalu klik Save. Maka folder tadi berhasil dibuka. Dan anda tidak perlu membukanya dengan username atau password.

Sekarang anda tidak perlu khawatir ketika ada user/ pengunjung lain yang masuk ke dalam hosting. Mereka tidak dapat mengakses folder yang telah diproteksi tanpa adanya username dan password. Demikianlah pembahasan terkait Cara Memberi Password pada Folder cPanel. Jangan lupa kunjungi IMSNet.id untuk mendapatkan artikel tips, tutorial, hingga promo penawaran layanan hosting murah dan domain premium dari kami.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *