Technology concept with cyber security internet and networking, Businessman hand working on laptop, screen padlock icon on digital display.

Password bisa diibaratkan sebuah kunci yang digunakan untuk masuk kedalam rumah. Jika kunci tersebut berada ditangan orang yang salah bisa-bisa seisi rumah habis diambil orang tersebut. Oleh karena itu penting sekali menjaga kerahasiaan password anda. Salah satu langkah yang dapat anda lakukan adalah dengan sering mengganti password anda.  Berikut ada beberapa alasan penting yang perlu Anda ketahui tentang pentingnya ganti password WordPress secara rutin.

  1. Batasan Akun

Jika salah satu password berhasil tersebut diatas, maka akun lain juga berpotensi ikut diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab tersebut.

  1. Mencegah peretasan secara konstan

Tidak jarang hacker saat sudah meretas website mereka tidak merubah password, mereka hanya mengambil data dan informasi penting saja. Dengan merubah password WordPress secara rutin, hacker akan kesulitan dalam menembus kembali website WordPress Anda.

  1. Mencegah Password yang tersimpan

saat terjadi kehilangan perangkat komputer atau laptop kemungkinan besar orang yang mengambil bisa dengan mudah login ke akun WordPress. Karena Kadang kala para pengguna WordPress menyimpan password mereka pada browser masing-masing,

  1. Menjaga Keamanan

Fungsi dari password adalah untuk menjaga keamanan data dan informasi yang dimiliki agar tidak diketahui orang. Hindari penggunaan password yang mudah ditebak. Anda bisa melakukan ganti password akun WordPress secara rutin.

Cara Ganti Password di WordPress

  1. Melalui halaman login

Cara ganti password WordPress yang pertama bisa Anda lakukan pada saat masuk halaman login WordPress. Untuk cara ganti password WordPress melalui halaman login bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • login ke akun WordPress terlebih dahulu, secara default login WordPress melalui url com/wp-admin.
  • Pada saat berada di halaman dashboard login, silahkan scroll kebawah dan temukan ‘Lost your password ?’ silahkan klik pada halaman tersebut.
  • Selanjutnya akan tampil dashboard ‘Lost Password’, silahkan masukan email yang Anda gunakan saat proses instalasi WordPress.
  • Silahkan cek dan klik link yang dikirimkan untuk memulai mengganti password WordPress terbaru.
  1. Melalui Dashboard

Cara mengganti password WordPress yang kedua adalah melalui dashboard. Melalui cara ini, kamu bisa mengubah password tanpa memerlukan akses ke email.

  • Login terlebih dahulu pada akun WordPress Anda hingga masuk ke dashboard WordPress.
  • Scroll kebawah dan temukan menu ‘User’ setelah itu klik pada ‘Your Profile’.
  • Setelah Anda masuk dashboard ‘Your Profile’ scroll kebawah sampai menemukan ‘Account Management’, silahkan klik pada buttonGenerate Password’.
  • Anda akan diberikan  password generator yang diberikan WordPress, tetapi Anda bisa mengisi custom sesuai dengan keinginan.
  • Jika sudah Anda bisa scroll kebawah dan pilih button ‘Update Profile’ warna biru.
  1. Dengan PhpMyAdmin

Selain kedua cara diatas anda juga bisa mengubah/mengganti password dengan melalui PhpMyAdmin

  • Login Ke cPanel
  • Pilih PhpMyAdmin.  Setelah itu, silahkan tulis “phpmyadmin” pada bagian kolom pencarian. Maka akan muncul menu phpMyAdmin. Silahkan klik menu tersebut.
  • Pilih database wordpress. Silahkan pilih database yang digunakan dalam website WordPress.
  • Setelah memilih nama database website, silahkan klik tabel user. Tabel user biasanya memiliki ciri khas yaitu wp_users (biasanya menggunakan kata “user”). Table wp_users biasanya diawali dengan prefix database yang digunakan.
  • klik tabel user tadi, lalu coba lihat beberapa username dan password yang tersedia. Pilih username yang ingin diubah, kemudian klik Edit.
  • pada kolom user_pass silahkan pilih MD5 lalu tulis password baru.
  • Setelah itu klik Go

Demikian artikel kita tentang cara mengganti password wordPress. Cara mengganti password tidaklah sulit. Jika tidak mau repot login ke akun WordPress, kamu bisa menggunakan cara pertama dan jika kamu ingin mengganti password tanpa harus logout terlebih dulu. Atau anda dapat menggunakan cara kedua maupun ketiga sesuai keinginan Anda. Bagi Anda yang berniat memulai personal website, jangan lewatkan juga promo domain murah, unlimited hosting, hosting murah, serta banyak penawaran lainnya dari IMSNet.id.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *