Sebagai pemilik sebuah website Tentunya anda tidak ingin jika website anda mengalami down. Anda pasti ingin selalu memastikan bahwa website dapat diakses dengan baik. Terkadang website tidak dapat diakses oleh pengunjung karena suatu hal, padahal website berjalan normal jika Anda akses.  Tentu kalau terjadi akan membuat pengunjung merasa kesal. Untuk mengetahuinya Anda dapat mengeceknya sendiri. Cara cek website down atau tidak dapat menggunakan tool yang tersedia secara online. Jadi Anda tidak perlu lagi masuk control panel server hosting, 

Penyebab sebuah website mengalami down bisa terjadi karena beberapa hal
  1. Penyedia server hosting yang buruk
  2. Serangan DDoS (Distributed Denial of Service)
  3. Kelebihan traffic pengunjung
  4. Salah konfigurasi website
  5. Serangan hacker
  6. Listrik padam
  7. Bencana alam
Cara cek website Down
  1. Downforeveryoneorjustme.com

Cara mengecek website down yang pertama adalah dengan menggunakan tool dari website Downforeveryoneorjustme.com. Caranya cukup mudah, Anda tinggal membuka alamat websitenya. Silakan masukkan URL website yang akan dicek melalui kolom dengan tulisan google.com. Setelah Anda memasukkan URL web silahkan tekan Enter pada keyboard atau klik url or just me? Pada website. Setelah itu akan muncul status website Anda down atau tidak.

  1. Mengecek website melalui proxy incloak.com

Akses dilakukan melalui server proxy dari lokasi berbeda, kemudian server proxy akan mengirimkan hasilnya dengan menampilkannya di komputer Anda. Ada banyak penyedia proxy yang dapat Anda pilih. Dalam tutorial ini kami menggunakan incloak.com.  Akses incloak.com melalui browser Anda. Scroll ke bawah hingga Anda melihat form untuk memasukkan URL website Anda. Lalu Isi kolom tersebut dengan url website yang ingin Anda cek kemudian klik tombol HIDE ME. Tab atau window baru akan terbuka (tergantung dari browser yang digunakan) dan website yang Anda request akan mulai diakses dan ditampilkan. Jika Anda dapat melihat website Anda berarti website Anda tidak down, jika sebaliknya berarti website Anda down.

  1. Isitdownrightnow.com

Anda tinggal membuka alamat websitenya.  Lalu Anda cukup memasukan alamat website Anda dan tekan tombol ‘CHECK’. Tunggu proses cek hingga selesai, nantinya akan muncul tampilan mengenai Website Name, URL Checked, Response Time, Last Down dan Support Website Status History.

  1. Currentlydown.com

Untuk cara mengeceknya Anda tinggal memasukan alamat website Anda pada kolom ‘Domain name’ dan tekan tombol ‘Check’. Akan ada 3 tampilan detail mengenai website yang sedang di cek seperti berikut:

  • Service status, jika tampil ‘Up’ warna hijau berarti website Anda normal tidak ada kendala.
  • Response Time, waktu yang dibutuhkan website untuk merespon dari suatu perintah, tampilannya dengan satuan ms (milliseconds).
  • Response Code, jika tertulis 200 berarti server berhasil memproses permintaan dari user.
  1. Down.com

Uptrends adalah layanan website monitoring control berbayar yang menangani masalah uptime, performance, functionality, API dan server, tetapi ada beberapa tool yang memang gratis untuk digunakan. Untuk Anda yang butuh layanan cek website down bisa menuju menu Free Tools > Uptime Check.  masukan domain Anda di kolom sebelah ‘I want to test’ dan pilih ‘all check’ agar lebih detail pengecekannya. Jika sudah klik button ‘Start test’ dan tunggu hasilnya hingga keluar.

Kecepatan dan keandalan sangat penting agar membuat nyaman pengunjung website Anda Setelah membaca artikel diatas, kini Anda telah mengetahui cara cek apakah sebuah website down atau tidak. Anda dapat mengkombinasi semua cara cek website down di atas guna mendapatkan informasi terbaik serta memastikan status dari website Anda.  Dan bagi Anda yang berniat memulai personal website, jangan lewatkan juga promo domain murah, unlimited hosting, hosting murah, serta banyak penawaran lainnya dari IMSNet.id.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *