https://who.is

Pernahkan Anda mengalami keadaan dimana Anda ingin menggunakan sebuah nama domain, namun ternyata  domain tersebut sudah digunakan pihak lain?. Sehingga  Anda tak bisa mendaftarkan nama domain pilihan Anda. Tapi Anda masih  bisa coba cari siapa pemiliknya untuk melakukan negosiasi mengenai nama domain tersebut. Mungkin saja orang tersebut mau menjual nama domainnya untuk Anda. Pertanyaannya bagaimana cara untuk menghubungi sang pemilik domain? 

Domain yang ada di Indonesia maupun di seluruh dunia, adalah domain yang dikelola secara internasional. Sehingga, bagi kamu yang penasaran terkait data kepemilikan domain, kamu bisa melakukan beberapa cara cek pemilik domain, bahkan hingga asal negaranya bisa kamu ketahui, dengan hanya menggunakan aplikasi, seperti whois.

Semua domain yang didaftarkan oleh pengguna, selanjutnya akan didaftarkan oleh penyedia domain kepada ICANN (Internet Corporation Assigned Names and Number), yang merupakan pengelola nama domain global. Hal itu dilakukan, agar nama domain yang didaftarkan, tidak sama dengan domain yang lainnya.

Cara cek pemilik domain yang paling sering digunakan adalah dengan menggunakan aplikasi Whois.  Dengan aplikasi whois  anda bisa tahu tentang  nama pendaftar, alamat pendaftar, kontak pendaftar, provider dimana pengguna mendaftarkan domain tersebut, IP address server, DNS, kapan domain didaftarkan, kapan domain expired, serta informasi lainnya.

Ada banyak situs penyedia layanan cara cek pemilik domain dari whois yang bisa kamu coba, diantaranya adalah:

  • whois.domaintools.com/
  • www.networksolutions.com/whois/
  • www.betterwhois.com/
  • www.allwhois.com/
  • www.whois.sc/
  • www.whois.net/
  • www.internic.net/whois.html
  • www.easywhois.com/
  • www.who.is/
  • www.whois-search.com/
  • www.iwebtool.com/whois

Cara Cek Pemilik Domain via Whois

Untuk melakukan cek pemilik domain serta ketersediaannya Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, pastikan Anda sudah mengetahui nama domain yang ingin di cek informasinya.
  2. Buka website whois.com
  3. Kemudian masukkan nama domain yang ingin di cek status kepemilikannya ke dalam kolom yang sudah disediakan. Letak kolom ini berada di pojok kanan atas, lengkap dengan tulisan Whois.
  4. Tekan enter atau klik pada tombol WHOIS.
  5. Informasi pemilik domain sudah bisa dilihat. Dengan catatan sang pemilik domain tidak mengaktifkan fitur Whois protection untuk melindungi privasi merek. Selesai.

Namun, ternyata terdapat beberapa penyedia domain yang tidak mempublikasikan data serta informasi pemilik domain, karena alasan privasi. Sehingga, ketika kamu mencari alamat domain tersebut, data pemilik domain tidak terbaca oleh website penyedia layanan Whois. 

Seseorang melakukan cek pemilik domain biasanya mempunyai tujuan. ada banyak alasan atau tujuan cek pemilik domain.

  1. Ingin menghubung pemilik website untuk menawarkan kerja sama
  2. Langkah antisipasi agar terhindar dari penipuan
  3. Ingin mengetahui usia domain dan tanggal registrasi
  4. Sebagai langkah verifikasi apakah website dikelola oleh perseorangan atau badan usaha

Segera daftarkan nama domain Anda sebelum diambil orang lain. Hubungi IMSNet.id  untuk mendaftarakan dan mengamankan nama domain Anda.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *