DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) merupakan indikator yang berfungsi untuk memudahkan pengguna meninjau performa website secara keseluruhan.  Jika sebelumnya PageRank untuk menentukan peringkat SEO website, kini sudah tidak digunakan lagi, dan sekarang ini yang menjadi standart SEO untuk website adalah Domain Authority dan Page Authority website.

PA dan DA digunakan sebagai alternatif untuk menentukan kualitas dari suatu website. Harapannya setelah Anda cek DA PA dan tahu skornya, Anda bisa punya peluang untuk meningkatkan ranking website. 

Apa itu Domain Authority?

DA (Domain Authority) Merupakan suatu patokan nilai atau skor  dari sebuah domain pada mesin pencari, semakin besar DA yang dimiliki maka akan semakin bagus blog atau website tersebut di mata mesin pencari. Nilai DA berkisar dari 0 s/d 100, semakin besar nilai DA dari domainmu maka akan semakin bagus.

Biasanya besaran angka yang diperoleh dipengaruhi oleh

Usia Domain

Semakin tua usia domain maka peringkat DA akan semakin bertambah pula. Namun, hal yang penting adalah hadirnya konten yang berkualitas, jika semakin baik, original dan bermanfaat konten yang ada pada domainmu maka akan semakin besar pula nilai DA yang akan kamu dapat.

Popularitas 

Populernya situs Anda dapat dilihat dari jumlah link yang masuk melalui situs-situs berkualitas. Yang dilihat adalah kualitas link bukan kuantitas link. Hal itu dapat disebut sebagai Inbound Link, yang berarti pemberian rekomendasi terhadap situs Anda ( backlink ). 

Ukuran Domain

Ukuran disini mengacu pada banyaknya konten yang telah terbit. Semakin banyak berarti semakin besar pula ukuran domain website yang Anda miliki.

Dari ketiga hal tersebut, google menentukan Peringkat Domain Authority dari suatu website. Domain authority ini merupakan satu dari sekian banyak faktor lainnya yang menjadi ukuran tingkat kepercayaan mesin pencari kepada suatu situs.

Apa itu Page Authority?

Page Authority adalah penilaian dari mesin pencari tentang seberapa berkualitasnya suatu halaman.Jika DA tadi yang dicek adalah keseluruhan domain, maka PA yang dicek hanya dalamnya saja.

Lalu bagaimana cara mengecek PA dan DA website Anda?

  1. Pergi ke salah satu tools penyedia layanan pengecekan DA dan PA Domain
  1. Setelah itu, ketikan nama domain dengan lengkap dan pastikan benar, lalu klik Check DA PA, maka nilai Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) Pada websitemu akan tertampilkan.

kebanyakan praktisi SEO mengatakan bahwa nilai DA di atas 20 adalah batas baik, dan batas baik nilai PA adalah di atas 25. Namun ini tidak dapat dijadikan ukuran pasti.

kali ini sebagai contoh kita akan menggunakan websiteseochecker.com 

  1. Silahkan buka website websiteseochecker.com
  1. Kemudian scroll kebawah dan temukan menu “Page Authority Checker
  1. Setelah dashboard terbuka, silahkan masukan domain yang akan Anda cek DA dan PA. 
  1. Setelah itu pilih “I’m not a robot” dan pilih “Check”
  2. Silahkan lihat hasilnya berapa skor DA dan PA domain yang Anda cek.

Sedang butuh website untuk bisnis Anda?? Tinggal pesan di IMSNet.id sehari website Anda langsung bisa online. MSNet.id menyediakan layanan pembuatan website serta penyedia layanan hosting sesuai kebutuhan Anda. segera pesan website untuk usaha kuliner Anda sekarang juga. Gratis domain dan hosting untuk Anda*.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *