backup-wordpress

Website Anda perlu di-backup, untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan website Anda tidak bisa diakses atau malah membuat Anda kehilangan data. Jika website Anda adalah  website bisnis, maka Anda bisa kehilangan potensi pendapatan dan akhirnya mengalami kerugian. Ini semua terjadi karena Anda tidak memiliki backup data website bisnis Anda.

Bagi Anda pengguna WordPress.com atau versi WordPress gratis cara ini tidak bisa digunakan, hanya bisa dilakukan untuk pengguna WordPress.org yang menggunakan WordPress self hosted atau menyewa layanan hosting sendiri.

Cara Backup WordPress di cPanel

Backup File wp-admin WordPress

  1. Login ke cPanel Hosting dahulu.
  2. Setelah masuk ke dashboard cPanel, pada bagian ‘Files’ cari ‘File Manager’ kemudian buka file tersebut. 
  3. Kemduain scroll k bawah dan cari file ‘public_html’, carilah folder website Anda kemudian buka file tersebut. 
  4. Pilih  bagian ‘wp-content’ silahkan klik kanan kemudian pilih ‘compress’. 
  5. Muncul beberapa jenis file, pilih file ‘Zip Archive’ kemudian klik ‘Compress Files’. 
  6. Tunggu proses compress file hingga selesai. Jika sudah file silahkan cari file yang sudah dibackup tadi, nama file biasanya ‘wp-content.zip’. 
  7. klik kanan lalu download file tersebut dan tunggu sampai selesai prosesnya, semakin besar website Anda, file yang harus Anda backup ukurannya besar sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama.

Backup File htaccess WordPress

  1. Untuk update file htaccess caranya hampir sama seperti backup file wp-admin WordPress, jika Anda masih di folder website silahkan scroll kebawah dan temukan file .htaccess. 
  2. Jika sudah ketemu Anda bisa langsung download saja, klik kanan kemudian download. Tidak perlu dilakukan compress karena ukuran file tidak terlalu besar.

Backup Database WordPress

  1. Login c-Panel
  2. Jika Anda sudah login akun cPanel, pada bagian ‘Files’ atas tadi carilah ‘Backup Wizard’, jika sudah ketemu silahkan dibuka. 
  3. Kemudian akan muncul dashboard baru, klik ‘Back Up or Restore’ pilih button ‘Back Up’. 
  4. Pada bagian ‘Full or Partial Backup’, pilih pada Select Partial Backup lalu pilih ‘My SQL Database’. 
  5. Akan ada nama berbagai database yang sudah Anda buat, jika Anda tidak ingat apa nama database website Anda silahkan buka Files > File Manager > Public HTML > Folder Website Anda > wp-config.php.
  6. Jika sudah ketemu silahkan klik pada bagian nama file tersebut, otomatis nanti akan download dan tunggu prosesnya hingga selesai. 
  7. Jika sudah ketemu silahkan klik pada bagian nama file tersebut, otomatis nanti akan download dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Tunggu apa lagi segera bikin website bisnis Anda sekarang juga. Manfaatkan paket Hosting Bisnis, Sertifikat SSL, serta nama domain populer dari IMSNet.id untuk menunjang performa situs Anda agar semakin optimal.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *