Mungkin saat ini anda terfikir untuk membuat sebuah website? Salah satu jalan membuat website mudah anda dapat menggunakan wordpress salah satunya. Untuk lebih mengenal apa itu wordpress dan lebeihannya berikut kita paparkan untuk anda.

WordPress merupakan sistem manajemen konten (CMS). Secara umum, sistem manajemen konten adalah aplikasi web yang memperbolehkan pemilik, editor, dan author untuk mengelola website dan menerbitkan konten tanpa harus menguasai istilah teknis dan bahasa pemrograman terlebih dulu.

WordPress adalah software yang bersifat open source. Artinya WordPress bisa digunakan secara gratis dan bebas untuk dimodifikasi oleh siapa saja. Selain itu, WordPress menyediakan plugin yang memudahkan pengguna untuk menambahkan fitur di website hanya dengan sekali klik.

Matt Mullenweg dan Mike Little. pada tahun 2003 menjadi Sejarah terciptanya WordPress. Kedua developer tersebut merasa kesulitan tidak memiliki publishing secara online. Kemudian mereka mulai mengembangkan layanan publikasi online melalui cara mereka sendiri. Pada tahun 2004, Mulleweg dan Little mulai merilis WordPress versi pertamanya. WordPress generasi awal ini sangatlah sederhana,

Setiap tahunnya wordpress mengalami perkembangan menghadirkan manfaat yang lebih banyak, namun terdapat fitur yang masih dipertahankan hingga kini yakni editor WordPress.

WordPress memiliki dua alamat yang berbeda yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan, yakni WordPress.com dan WordPress.org. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. WordPress.com dibuat untuk pengguna yang ingin memiliki blog pribadi dan alamat website dengan cara yang cepat. Sementara WordPress.org ditujukan bagi penggunanya yang menginginkan modifikasi sesuai kebutuhan serta menggunakan alamat situs dan server sendiri.

Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com.Secara sederhana, WordPress.com merupakan versi gratis dan WordPress.org versi “berbayar.” WordPress.com dibuat untuk pengguna yang ingin memiliki blog pribadi dan alamat website dengan cara yang cepat. Sementara WordPress.org ditujukan bagi penggunanya yang menginginkan modifikasi sesuai kebutuhan serta menggunakan alamat situs dan server sendiri.

Kelebihan menggunakan wordpress:

  • Mudah digunakan

Untuk menggunakan wordpress anda tidak dituntut untuk paham bahasa pemrograman, siapa aja bisa menggunakannya. Karena penggunaannya sangat mudah

  • Komunitas besar

Karena banyaknya pengguna wordpress. Para pengguna wordpress pun membuat forum diamana mereka bisa saling diskusi satu dengan yang lainnya. Dengan bergabung forum tersebut anda yang masih awam dengan wordpress dapat mepelajarinya dari sana

  • Tersedianya banya tutorial

Selain forum, kini semakin banyak diinternet mengenai cara-cara pengoprasian dan belajar mengenai wordpress

  • Mempunyai banyak plugin

Di wordpress tersedia  ribuan plugin yang bisa anda pakai untuk mempermudah anda ketika mengelola serta menambah fitur pada web. bisa dikatakan  kelebihan ini jarang ditemukan pada platform lainnya. Ditambah lagi ada juga banyak plugin versi gratis sehingga anda tidak perlu menyiapkan budget tersendiri untuk beberapa fitur terbaik dari WordPress tersebut.

  • Tema yang beragam

Tema yang tersedia dalam wordpress sangat beragam.  Anda akan menemukan banyak tema yang menarik dari para pengembang, tema yang tersedia ada yang geratis dan berbayar

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *