Apa itu URL? Mungkin setiap harinya kita mengakses sebuah website. Namun apakah anda tau apa itu URL? Mungkin ada sebagian orang yang menganggap bahwa URL adalah alamat website. Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya salah, kali ini kita akan membahs mengenai URL.

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator istilah lain untuk menyebut alamat website. URL ini berfungsi membawa Anda ke sebuah website spesifik yang ingin dituju. Biasanya, Anda akan diminta mengetikkan alamat ini di bagian address bar yang ada di browser. URL adalah sebuah cara bagaimana kita menemukan sebuah lokasi file yang berada di internet, Baik berupa situs, gambar, video, program perangkat lunak, ataupun jenis file lainnya yang di-host di server.

Fungsi URL

URL Berfungsi sebagai identifikasi alamat situs website, Namun fungsi url bukan hanya itu saja, Masih banyak lagi manfaat.

  1. Penamaan file yang tersimpan dalam website, Kamu bisa menggunakan URL sebagai penamaan file pada website. Hal tersebut sesuai dengan makna URL sesuai penjelasan di atas.
  2. Mempermudah user mengakses website, Dengan URL user lebih mudah dalam mengakses website dan mempermudah user dalam mengingat alamat dokumen yang pernah diakses.
  3. Mempermudah Identifikasi File, Kamu dapat melakukanIdentifikasi dokumen, gambar, dan file dalam bentuk lainnya dengan mudah.
  4. Pemberian alamat dokumen, Kamu dapat mempergunakan pemberian alamat pada setiap web yang berisikan dokumen atau file.
Terdapat dua macam URL
  1. URL Relatif URL. Jenis Pertama Relatif penentuan alamatnya didasarkan pada alamat yang saat itu sedang aktif. Selain itu, pada URL relatif susunanya tidaklah baku dan merujuk hanya pada dokumen yang saat itu sedang Anda buka.
  2. URL Absolut. Jenis yang kedua yaitu URL absolut. URL absolute yaitu URL yang alamatnya dilengkapi dengan lokasi dokumen dan juga domain. Format dari URL relative biasanya mempunyai format domain-direktori-dokumen yang mempunyai arti di dalam sebuah domain pada setiap halaman mengandung direktori berisi file atau dokumen.

http://blog.contoh.co.id/wp-content/uploads/logo-beon.png

Dari alamat URL di atas untuk Struktur URLnya bisa disimpulkan sebagai berikut :

  • Http, menunjukkan protokol yang digunakan untuk mendefinisikan jenis server yang kamu ajak berkomunikasi.
  • Blog, adalah nama host yang digunakan untuk mengakses situs web khusus.
  • Beon, Nama Domain.
  • .co.id, Menggunakan domain khusus perusahaan Indonesia
  • /wp-content/uploads/, Letak direktori yang digunakan untuk mengatur halaman web atau file.
  • Logo-beon.png, adalah file aktual yang ditunjuk oleh URL. File tersebut berekstensi .png yang berarti gambar.
  • Blog.contoh.co.id, Adalah sebagai grup atau disebut Fully Qualified Domain Name (FQDN).

Setelah membaca artikel diatas Anda akan mengerti Dengan pengertian URL, fungsi URL. Sehingga Anda tidak hanya mendengar saja istilah URL tetapi paham dan mengetahui bahwa karakter URL mempunyai fungsi tertentu. Kemudahan yang telah ditawarkan karakter URL yaitu Anda tidak perlu mengetahui alamat yang digunakan untuk mengakses suatu alamat IP server. Terlepas dari itu, jika saat ini Anda sedang mencari server berkualitas untuk mengakomodir kebutuhan website, jangan ragu untuk memilih IMSNet.id yang menyajikan beragam paket web hosting berkualitas dengan performa handal.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *