Bagi anda yang baru saja masuk dalam dunia website atau blog pertanyaan itu sering diajukan oleh orang-orang yang baru mulai membuat website atau blog. Alasannya, dengan menerapkan sejumlah langkah optimasi SEO, website atau blog lebih mudah mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian Google. 

Pengertian SEO

SEO Search Engine Optimization atau SEO adalah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian, potensi trafik organik Anda pun meningkat.

Secara sederhana, SEO dapat dijabarkan sebagai taktik atau tindakan untuk mengoptimalkan sebuah blog atau website. Optimasi yang dilakukan memungkinkan mesin pencarian atau search engine untuk menilai apakah blog atau website tersebut layak ditampilkan pada posisi teratas dari hasil pencarian atau justru tidak layak.

Jenis-Jenis SEO

Terdapat dua jenis SEO, yaitu SEO on page dan SEO off page. Keduanya sama-sama penting dan saling berkaitan. Jadi Anda harus menerapkan keduanya untuk praktik SEO di website Anda makin optimal

3 jenis SEO berdasarkan kategori tehnik optimasinya

Berikut 3 jenis SEO dimaksud;

  • SEO Teknis: dengan SEO teknis adalah tehnik yang memastikan bahwa mesin pencari dapat menjelajah dan mengindeks website Anda tanpa masalah. Cenderung lebih dekat dengan SEO On Page.
  • SEO On Page: Serangkaian strategi dan tehnik dalam mengoptimasi website dari dalam situs. Atau biasa juga disebut, SEO On Site, dana tau SEO ditempat. Disini, ketagori tehnik diterapkan dalam situs dan konten, agar ramah mesin pencari (SEO Friendly). Apa itu SEO on page? SEO on page adalah langkah-langkah optimasi SEO yang dilakukan di dalam website Anda. Beberapa langkah optimasi SEO on page meliputi: permalink, judul konten, struktur konten, penggunaan heading, kecepatan website, tema responsif, hingga internal linking. 
  • SEO Off Page: Ini secara teknis adalah strategi optimasi website diluar situs Anda. Ini berupa signal dalam mempromosikan website atau blog Anda. Sehingga, dapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. Berbeda dari SEO on page, SEO off page adalah sejumlah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar website Anda. Jadi mengoptimasi konten dan website Anda saja belum cukup. Ada banyak faktor di luar website yang bisa berpengaruh terhadap kualitas SEO Anda.

Salah satu faktor di luar website yang cukup mempengaruhi kualitas SEO adalah backlink atau inbound link. Backlink menjadi indikator bahwa konten Anda menjadi rujukan website lain. Semakin banyak website berkualitas yang merujuk ke konten Anda, semakin baik. Google menilai website Anda sebagai website yang kredibel dan meningkatkan peluang untuk naik peringkat. 

Cara terbaik untuk mempelajari cara kerja SEO adalah berlatih SEO.

Selain mempelajari berbagai konsep dan teori, satu-satunya cara untuk mengetahui apakah yang telah Anda pelajari berhasil, adalah menerapkan berbagai teknik SEO di website. Dan, memantau peringkat Anda.

Jika, peringkat dan lalu lintas organik Anda meningkat, maka itu berarti, Anda berada di arah yang benar. Jika tidak, Anda harus merevisi strategi dan rencana tehnik SEO Anda selanjutnya.

Hal-hal ini perlu menjadi dasar, untuk membantu Anda memulai:

  1. Bagaimana Mesin Pencari Bekerja – Sebelum memulai dengan SEO, penting untuk memahami bagaimana mesin pencari bekerja. Pada akhirnya, tujuan Anda dengan SEO adalah memengaruhi mesin pencari untuk ‘mempercayai’ situs web Anda dan mengetahui bagaimana mereka sebenarnya membuat peringkat situs web, akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik.
  2. Dasar-Dasar SEO untuk Pemula – Jika Anda tidak tahu apa-apa tentang SEO, mulailah dengan panduan pemula SEO.
  3. Kursus SEO – Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengikut kursus SEO. Ada cukup banyak layanan kursus SEO saat ini.
  4. Follow SEO Expert – Ada banyak blog dan pakar SEO yang berbagi ilmunya di internet. Anda dapat memilih beberap sebagai sumber ilmu. Cari yang paling baik dan popular.
  5. DIY SEO Tutorial – Tutorial tentang cara melakukan SEO sendiri. Ini mencakup Konsep SEO dasar dan lanjutan. Ada cukup banyak tutorial SEO di internet. Anda dapat memilih salah satunya.
  6. SEO Checklist – Daftar periksa berguna untuk memeriksa apakah Anda telah mengoptimalkan semua elemen. Ada cukup banyak tools yang dapat digunakan untuk ini. Anda tinggal gunakan keyword SEO Analizer di mesin penari; maka akan muncul berbagai opsi tools yang dapat Anda gunakan. Seperti; Ahref, Moz, SEMRush, dan masih banyak lagi.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *