Apa itu programer ?

Semakin majunya teknologi salah satunya ditandai dengan banyaknya kemudahan-kemudahan dalam melakukan berbagai aktifitas dengan bantuan berbagai aplikasi yang dihasilkan akhir- akhir ini. Pernakah anda pernah berfikir siapa yang membuat aplikasi tersebut? Nah dari pertanyaan tersebut maka anda mendapatkan sebuah jawaban pertanyaan tentang “Apa Programer itu?”. Ya programer adalah individu yang memiliki keterampilan untuk memberikan solusi permasalahan menggunakan bahasa pemrograman. Atau lebih singkatnya orang yang menciptakan aplikasi.

Programmer adalah seseorang yang memiliki kemampuan atau skill menulis dan merancang kode program-program (syntax) komputer menggunakan bahasa-bahasa pemrograman komputer (Java, Php, Javascript dll).Semua aplikasi atau OS (Operating System) yang kita gunakan setiap hari baik itu aplikasi mobile (Android/ iOS), website, dan desktop dibuat menggunakan bahasa pemrograman tertentu

Lalu keahlian-keahlian dasar apa saja yang dimiliki oleh seorang programer???

  1. Paham bahasa inggris. Seorang programer setidaknya harus bisa bahasa inggris. Setidaknya jika belum bisa lancar speaking seorang programer harus bisa bhasa inggris secara pasif. Untuk apa? Digunakan untuk membaca dokumentasi, memahami pesan error, mencari referensi dan bertanya pada forum global
  2. Mendesain tampilan antar muka. Semakin bagus tampilan antar muka sebuah program, pengguna akan lebih betah dalam menggunakannya. Tetapi perlu diingat bahwa sebuah program tidak sekadar penting memiliki estetika tampilan antar muka, namun juga tetap mudah untuk dioperasikan. Sebab itu, antara desain tampilan program yang apik dengan kepraktisan penggunaan harus seimbang.
  3. Membaca dan menulis source kode. Seorang programer memang tugasnya adalah membuat aplikasi dengan source kode tertentu.
  4. Debugging adalah sebuah aktivitas mencari bugs atau masalah di dalam kode program (source code). Proses debugging ini bisa jadi lebih lama dari proses menulis kode
  5. Pengujian. Setelah program selesai dibuat, programer wajib untuk melakukan pengujian guna mengetahui kinerjanya sesuai atau tidak dengan yang diharapkan. Selain itu, pengujian program dapat membantu mengetahui bila ada kesalahan atau kegagalan pada program dalam jangka pendek supaya lekas dapat diperbaiki sebelum kemudian diserahkan pada pihak lain untuk diuji kelayakan jangka panjang.

Itulah keahlian atau skil seorang programer yang mempunyai tugas untuk menciptakan aplikasi aplikasi yang akan mempermudah kegiatan di zaman yang semakin modern. Lalu bagimana jika kita ingin membuat suatu aplikasi, misalkan aplikasi untuk sebuah toko lalu kita bukanlah seorang ahli programer?? jangan khawatir karena saat ini banya penyedia penyedia jasa yang menawarkan jasanya untuk pembuatan aplikasi yang Anda butuhkan. Kunjungi IMSNet.id untuk pemesanan aplikasi website dan hosting terpercaya..

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *