Marketplace - Chalkboard image

Aktivitas jual beli secara online memang sedang naik daun dalam beberapa tahun belakangan. Mungkin Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang berdagang di dunia maya.  Apalagi di tahun 2020 ini dengan merebaknya virus covid-19 semakin membuat orang segan untuk berbelanja secara langsung. Kebanyakan orang memilih cara berbelanja secara online karena dirasa lebih aman untuk mereka. 

Salah satu platform yang paling banyak digunakan untuk berdagang secara online di Indonesia adalah marketplace. Situs marketplace bertindak sebagai pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan tempat berjualan dan fasilitas pembayaran. Secara lebih jelas artikel ini akan membahas mengenai apa itu marketplace

Marketplace adalah website atau aplikasi yang dibuat untuk memfasilitasi proses jual beli antara penjual dan pembeli pada satu tempat. marketplace bertindak sebagai pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan tempat berjualan dan fasilitas pembayaran. Marketplace memiliki konsep yang mirip dengan pasar tradisional, dimana pemilik marketplace hanya menyediakan tempat dan sistemnya saja.

Jenis-jenis Marketplace

  1. Marketplace murni

Kerjasama marketplace murni adalah ketika situs marketplace hanya menyediakan lapak untuk berjualan dan fasilitas pembayaran.Penjual berkewajiban untuk menyediakan deskripsi dan foto produk secara mandiri. Selain itu, penjual juga dapat menerima penawaran harga dari pembeli.

  1. Marketplace Konsinyasi

Jenis kerjasama yang kedua adalah konsinyasi atau istilah mudahnya adalah titip barang. Jika penjual melakukan kerjasama konsinyasi dengan situs marketplace, ia hanya perlu menyediakan produk dan detail informasi ke pihak marketplace.

Contoh Marketplace di Indonesia

Tokopedia

Tokopedia merupakan perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring. Sejak didirikan pada tahun 2009. Tokopedia resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat

Bukalapak

Bukalapak menjadi perusahaan kedua yang mendapatkan predikat Unicorn setelah Tokopedia. Marketplace ini dulunya dipimpin oleh Achmad Zaky dan kemudian pimpinan Bukalapak beralih ke Rachmat Kaimudin. Bukalapak diluncurkan pertama kali pada bulan Januari 2010 tidak lama setelah Tokopedia muncul.

Shopee

Shopee merupakan marketplace asal Singapura namun Shopee saat ini sudah tersedia di seluruh Negara Asia Tenggara. Marketplace shopee di Indonesia yang paling laku adalah produk-produk fashionnya.

Lazada

Lazada Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan bagian dari Lazada Group yang beroperasi di Asia Tenggara. Hingga tahun 2014, Lazada Group telah beroperasi di Singapura, Malaysia, Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Filipina dengan Singapura sebagai lokasi kantor pusat mereka. Marketplace yang memiliki layanan penjualan berbagai produk salah satunya yang paling terkenal karena produk elektronik dan fashionnya. Lazada adalah marketplace dari luar negeri yang dimiliki oleh Alibaba Group.

Zalora

Merupakan marketplace yang khusus untuk menjual yang berhubungan dengan fashion dan kecantikan. Zalora menjual produk fashion dari brand international dan juga brand local di setiap Negara yang beroperasi. 

Selain marketplace, mungkin Anda juga sering mendengar istilah online shop atau toko online. Apakah marketplace dan online shop adalah dua hal yang sama? marketplace dan online shop adalah dua platform yang berbeda. Perbedaan utamanya terletak pada perantara. Marketplace adalah perantara yang menghubungkan para penjual dengan pembeli. Online shop atau toko online tidak memerlukan perantara. Penjual langsung menjual produknya di platform mandiri kepada pembeli. Jadi tidak ada perantara sama sekali. 

Untuk bisa membuat toko online sendiri anda membutuhkan sebuah website. Dengan mengelola website toko online sendiri memiliki keuntungan lebih banyak dibanding hanya berjualan melalui marketplace. Terlebih lagi jika Anda sudah mempunyai merek sendiri. Jika Anda membutuhkan  website untuk toko online Anda, segera kunjungi IMSNet.id Solusi untuk pembuatan  website toko online anda skala kecil dan menengah, menyediakan tema yang beragam dan pastinya SEO friendly. Gratis domain dan SSL support.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *