Sebagai seorang developer pasti anda menginginkan menjadi developer yang handal di berbagai bidang, baik front-end dan back-end. Menjadi seorang pengembang website tingkat tinggi memang tidak mudah. Ada banyak sekali skill yang harus dikuasai agar bisa disebut sebagai web developer  yang sempurna.  Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai full stack developer.

Pengertian Full stack developer

Full stack developer adalah sebutan untuk developer yang berurusan dengan segala sisi pembuatan website, baik front-end hingga back-end. Apa itu front-end dan back-end. Lebih spesifiknya, developer bisa bekerja dengan javascript, PHP, java, database (backend) dan juga bisa mengkonversi desain ke dalam kode pemrograman seperti HTML, CSS, XML (front end). Frontend sendiri adalah semua hal yang berkaitan dengan client-side, website user experience dan lain sebagainya. back-end adalah semua hal yang berkaitan dengan server-side, server database, dan masih banyak lainnya.

Keahlian yang harus dimiliki full stack developer
  1. menguasai  Back End. Seorang full stack developer harus menguasai sebagian besar bahasa pemrograman misalnya. Java, Node.js (Java Script), PHP, Python, Ruby, Swift dll dan tentunya harus menguasai bahasa yang berorientasi objek (OOP)
  1. Teknik front-end yang berkaitan langsung dengan “penglihatan” dan “pengalaman berselancar” klien menjadi aspek penting yang harus dipelajari. Apa saja yang dipelajari dalam front-end. Langkah pertama yang paling mendasar untuk menjadi seorang developer adalah menguasai HTML dan CSS. HTML digunakan untuk membangun struktur website. Sedangkan CSS berfungsi untuk mendesain dan mengatur halaman website agar terlihat menarik. Serta paham Javascript yaitu sebuah bahasa program untuk web building yang cukup kompleks. Berguna untuk teknik front-end maupun back-end sekaligus.
  2. Menguasai UX dan UI. Aplikasi yang baik itu, adalah aplikasi yang mempunyai kesan menarik bagi pemakainya dan tampilannya user friendly. UX (User Experience) tergantung pada UI (User Interfaces), dan seberapa baikkah kamu telah menggunakan teknologi front-end. Keberhasilan produk atau proyek apapun tergantung pada UI dan UX nya.  Seorang full stack developer harus memahami prinsip dasar keterampilan desain prototipe.
  1. Kemampuan mengelola Database. Karena setiap aplikasi dan website pasti membutuhkan sebuah database. Itu artinya seorang full stack developer harus  paham juga mengenai pengelolaan database. Beberapa sistem manajemen database yang saat ini populer adalah MySQL, MongoDB, Redis, Oracle, dan SQL Server.

Selain skil skil diatas yang harus dikuasai seorang full stack developer harus mempunyai Kemampuan berpikir kritis dan komunikasi yang baik. Pasalnya, kemampuan komunikasi yang baik sangat diperlukan untuk membuka peluang bisnis. 

Itulah beberapa informasi penting mengenai full stack developer. Seorang stack developer akan  Menyandang Gelar sebagai Top Professional di Bidang IT. Yang tentunya akan mempunyai peluang pekerjaan yang lebih tinggi, yang pastinya mempunyai bayaran yang tinggi.

Untuk Anda para developer yang membutuhkan layanan hosting untuk menampung semua data client, kami memiliki rekomendasinya silakkan hubungi IMSNet.id sekarang juga dan dapatkan berbagai keuntungan menariknya

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *