Internet semakin tidak lepas dari kehidupan kita saat ini.  Kita sebagai pengguna internet harus pandai pandai dalam memanfaatkannya. Internet mempunyai dampak negatif dan positif, itu tergantung dari kita menggunakannya. Agar terhindar dari sisi negatif, internet harus dilindungi oleh tembok atau benteng. Tujuannya agar komputer dan perangkat Anda bisa terlindungi dari ancaman yang membahayakan. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai firewall. Apa pengertian, fungsi dan cara kerja firewall.

Pengertian firewall

Firewall adalah sistem keamanan yang melindungi komputer Anda dari berbagai ancaman di jaringan internet. Firewall ini bekerja sebagai sekat atau tembok yang membatasi komputer dari jaringan internet. Melalui “tembok api” inilah Anda bisa mengatur data, informasi, dan kegiatan apa yang boleh lalu lalang dari jaringan internet ke komputer dan begitu pula sebaliknya. Sederhananya firewall itu adalah pelindung sistem jaringan komputer dan perangkat lainnya yang berguna untuk melindungi ancaman-ancaman atau konten yang berbahaya dari komputer luar.

Fungsi Firewall
  1. Melindungi dari pengguna tidak sah. Salah satu hal terburuk yang dapat terjadi pada komputer kamu adalah jika seseorang mencoba mengambil kendali dari jarak jauh. Melihat mouse bergerak di monitor karena ulah hacker tentu menakutkan. Dengan firewall berkonfigurasi benar (dan OS modern), kamu dapat menonaktifkan akses desktop jarak jauh, sehingga mencegah hacker mengambil alih komputer kamu.
  2. Block pesan. Internet memiliki banyak kode buruk yang melintasi dunia maya, menunggu untuk menerkam PC yang tidak terlindungi. Firewall dapat mencegah hal ini terjadi.
  3. Game online lebih nyaman. Meski umumnya server game online sudah dilengkapi fitur keamanan canggih, ada baiknya untuk berjaga-jaga dengan firewall yang di set-up ke komputer sendiri.
  4. Mengakses layanan VPN.  Firewall juga dapat dipakai untuk memfasilitasi koneksi Virtual Private Network atau VPN. Lewat layanan ini, pengguna dapat mengakses jaringan internal Anda. Dengan layanan yang sama, Anda bisa mengakses konten atau website yang sedianya diblokir oleh pihak tertentu.
  5. Mencegah informasi bocor. Firewall berguna agar pengguna komputer mengirim file secara leluasa apalagi bersifat berharga, rahasia kepada pihak lain.
Cara kerja Firewall

Penyaringan paket. Paket (potongan kecil data) dianalisis terhadap satu set filter. Paket yang lolos melalui filter dikirim ke sistem yang diminta, sementara paket lainnya dibuang.

Layanan proxy. Informasi dari Internet diambil oleh firewall dan kemudian dikirim ke sistem yang diminta dan sebaliknya.

Inspeksi stateful. Metode lebih baru yang tidak memeriksa konten setiap paket tetapi membandingkan bagian-bagian kunci tertentu dari paket dengan database informasi terpercaya. Informasi dari dalam firewall ke luar dimonitor untuk menentukan karakteristik spesifik, kemudian informasi yang masuk dibandingkan dengan karakteristik ini. Jika perbandingan menghasilkan kecocokan yang masuk akal, informasi tersebut diizinkan masuk. Kalau tidak, dibuang.

Keunggulan Firewall pada jaringan komputer anda.
  1. Performa Tinggi. Memiliki performa yang tinggi, dikarenakan ada pengecekan terhadap banyak faktor. 
  2. Dapat diterapkan pada jaringan router dan switch. Bisa diterapkan pada perangkat jaringan router atau switch tanpa adanya perangkat tambahan. 
  3. Lebih Efisien, Efektif, dan praktis. 
  4. Aman dari situs berbahaya. Dapat mendeteksi ancaman dari situs yang berbahaya. 
  5. User-nya tidak sampai pada situs berbahaya. Menjaga agar user tidak sampai diarahkan ke situs berbahaya.
Karakteristik firewall
  1. Seluruh hubungan/kegiatan dari  dalam ke   luar,  harus  melewati   firewall.  Hal   ini  dapat  dilakukan dengan   cara  memblok/membatasi  baik   secara   fisik   semua   akses   terhadap   jaringan  Lokal,   kecuali melewati firewall. Banyak sekali bentuk jaringan yang memungkinkan agar konfigurasi ini terwujud.
  2. Hanya  Kegiatan   yang   terdaftar/dikenal   yang   dapat  melewati/melakukan   hubungan,   hal   ini   dapat dilakukan dengan mengatur policy pada konfigurasi keamanan lokal. Banyak sekali jenis firewall yang dapat dipilih sekaligus berbagai jenis policy yang ditawarkan.
  3. Firewall   itu   sendiri   haruslah   kebal   atau   relatif   kuat   terhadap   serangan/kelemahan.   hal   ini   berarti penggunaan sistem yang dapat dipercaya dan dengan sistem yang relatif aman.

Untuk Anda yang belum memiliki website, Kami memiliki rekomendasi Jasa Pembuatan Website untuk keperluan bisnis Anda. Pesan sekarang untuk mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp 440.000/bulan saja. Tunggu apalagi onlinekan bisnismu sekarang dengan website.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *