imsnet.id

Apa itu Ethernet? Teknologi jaringan saat ini semakin berkembang pesat.  Apabila Anda mempelajari tentang jaringan komputer maka tentu sudah tahu apa yang dimaksud dengan ethernet.  Ethernet adalah jaringan yang masuk ke dalam kategori Local Area Network (LAN) atau jaringan area lokal. Sistem komunikasi yang dibangun dengan ethernet akan membagikan arus data ke dalam frame.

Sejarah Ethernet ?

Menurut sejarahnya, ethernet pertama kali dikeluarkan versi awalnya pada tahun 1975 oleh Xerox. Pada versi awal, memang menggunakan 100 komputer untuk disambungkan dan kecepatan jaringan bisa mencapai 2,94 megabit persecond. Pada masa itu kabel yang digunakan untuk membuat jaringan panjangnya bisa mencapai satu kilometer. Baru tahun 1983 ethernet disetujui dan telah memenuhi standar industri protokol LAN. Apabila suatu jaringan dibangun dengan menggunakan ethernet maka sebutannya adalah ethernet network.

Jenis- Jenis Ethernet
  1. 10000 Megabit per detik atau bisa disebut 10 Gigabit per detik, jaringan berkecepatan tinggi ini standarnya masih belum diimplementasikan secara umum.
  2. 1000 Megabit per detik atau dikenal 1 Gigabit per detik, karena masuk dalam satuan giga membuat jaringan ini lebih dikenal dengan nama Gigabit Ethernet. Untuk standar yang digunakan untuk jaringan ethernet ini adalah 1000BaseT, 1000BaseCX, 1000BaseSX, dan 1000BaseLX.
  3. 100 Megabit per detik, ethernet jenis ini banyak dikenal dengan sebutan Fast Ethernet. Sedangkan untuk standar jaringan yang digunakan adalah 100BaseT, 100BaseTX, 100BaseFX, dan 100BaseT4.
  4. 10 Megabit per detik, jaringan dengan kecepatan ini sudah umum dan hanya disebut dengan Ethernet. Standar jaringan yang digunakan adalah 10BaseF, 10BaseT, 10Base2, dan 10Base4.

Demikian beberapa pengetahuan tentang ethernet, jika Anda mempunyai beberapa pertanyaan atau tambahan silahkan tulis di kolom komentar. Terlepas dari pembahsan diatas. Jika Anda membutuhkan personal website, jangan lewatkan juga promo domain murah, unlimited hosting, hosting murah, serta banyak penawaran lainnya dari IMSNet.id.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *