Pernahkan anda mengunjungi sebuah situs kemudian muncul peringatan “deceptive site ahead.”

Pesan tersebut menyampikan bahwa situs tersebut telah diretas dang mengandung peringatan bahwa situs yang akan anda kunjungi adalah sebuah tempat yang berbahaya. Jika anda memaksakan diri untuk masuk, sudah pasti ini akan membuat PC anda terancam, entah itu karena virus, hacker dan lain sebagainya. Ini adalah sebuah fitur baru yang diberikan oleh Google dalam rangka memberikan peringatan kepada anda tentang adanya situs yang berbahaya. Jika anda masuk, maka anda harus siap dengan konsekuensinya. Hal ini akan ditunjukan dengan pesan error yang akan muncul di website yang akan anda buka tersebut.

Lalu bagaimana jika ada orang yang melaporkan bahwa situs anda menampilkan pesan “deceptive site ahead” tentu yang terjdi akan berbeda karena anda bukan hanya sekedar pengunjung web.tapi anda adalah sang pemilik website. Dan menganggap situs anda buakan lah situs berbahaya. Ini menandakan bahwa website anda  telah di-hack atau dimasuki malware. Hal terburuknya adalah: meskipun Anda sudah mencari dan memperbaiki bagian yang telah di-hack, terkadang layar merah masih muncul. Ini terjadi karena Google ingin melindungi pengunjung website Anda dengan tetap menampilkan peringatan tersebut.

Maka langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki website yang dianggap berbahaya oleh google adalah:

  1. Scan virus. Apabila anda menggunakan cPanel untuk menyimpan data-data websitenya, pertama anda harus men-scan virus menggunakan fitur yang ada di cPanel. Tapi apabila anda menggunakan VPS atau dedicated server, maka anda harus melakukan scanning menggunakan tools yang tersedia di masing-masing jenis server, setelah itu pastikan anda menghapus semua file yang dianggap berbahaya atau seharunya tidak ada di server.
  2. Reset Password. Apabila anda menggunakan cPanel, sebaiknya segera lakukan perubahan password pada akun cPanel anda dengan kombinasi password yang aman, supaya anda bisa memastikan bahwa orang lain tidak bisa masuk ke cPanel. Hal yang sama juga sebaiknya anda lakukan ketika anda penggunakan control panel jenis lain.
  3. Pasang SSL.  Untum memastikan koneksi ke website aman, pasanglah SSL / HTTSP di website tersebut, dengan demikian data-data yang diinput dari pengguna akan terenkripsi dan semakin aman. Selain itu Google juga sudah mengharuskan website menggunakan HTTPS, sehingga yang belum menggunakan HTTPS akan ditandai sebagai website yang tidak aman.
  4. Report Google. Urutan terakhir yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan pelaporan ke Google bahwa kamu sudah membersihkan dan memberbaiki websitenya. Untuk melakukan pelaporan ini, anda harus sudah membersihkan dan memperbaiki website, karena ketika robot Google melakukan peninjauan terhadap situs yang anda laporkan sudah aman tetapi Google masih menemukan kemungkinan masih ada hal yang berbahaya, makan situs tersebut akan semakin lama berada dalam daftar situs yang dianggap berbahaya.

Itu beberapa langkah yang dapat anda lakukan ketika website anda diretas dan dianggap berbahaya oleh google.

IMSNet.id merupakan layanan penyedia jasa web dan hosting, dengan memesan website di IMSNet.id Anda akan mendapatkan gratis domain dan ssl, sudah menggunakan dukungan inmunity360 yang akan memeberi jaminan keamanan pada website Anda.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *