Saat membicarakan sebuah marketing dengan media online maka dibutuhkan alat untuk mengukur sejauh dan seberhasil mana  kampanye marketing yang telah dilakukan. Untuk pemilik bisnis tidak bisa memastikan sebuah kampanye marketing online bisa berhasil atau tidak hanya berdasarkan intuisi atau pendapat pribadi. Istilahnya terdiri dari 2 kata yaitu conversion dan rate.

Sebelum membahas conversion rate, ada baiknya untuk memahami definisi conversion terlebih dahulu. Conversion adalah situasi di mana pengunjung website melakukan tindakan yang menguntungkan bisnis. Tindakan tersebut bisa bermacam-macam, dari menjadi subscriber, mendaftar sebagai anggota, mengunduh ebook, sampai membeli produk.Tingkat/rate conversion adalah perbandingan jumlah orang yang melakukan tindakan pada website dengan jumlah total pengunjung. Rate ini disajikan dalam satuan persen. Rumus tingkat conversion adalah

CR = jumlah pengunjung yang melakukan tindakan/jumlah total pengunjung X 100

Conversion rate adalah persentase pengunjung website yang melakukan tindakan yang menguntungkan pemilik bisnis dari total pengunjung website.

Berikut ini adalah beberapa elemen yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan CR

  1. Homepage

Homepage akan memberikan  kesan pertama pada pengunjung,dengan adanya homepage membuka peluang untuk mempertahankan pengunjung tersebut dan membuat mereka membuka halaman lain di situs web. Kamu bisa menambahkan link ke informasi produk, membuat tombol sign up, atau memasukan chatbot untuk menjawab setiap pertanyaan pelanggan kapan saja.

  1. Call to Action pada Blog

Anda bisa membuat Call-To-Action (CTA) dalam berbagai bentuk, teks, gambar, atau tombol. CTA berbentuk teks di artikel blog memang terlihat sederhana, tetapi menghasilkan conversion rate yang cukup tinggi.

  1. Gunakan popup

Buatlah pop up yang simpel, menarik, dan jelas informasinya. Untuk pertama kali, cobalah memasang 2 pop up pada 1 halaman website. Dan lihat pop up mana yang menghasilkan lebih banyak “klik”. Ketika anda mengatur tampilan pop up di halaman website dengan desain yang menarik, hal ini dapat menjadi peluang anda menghasilkan tingkat conversion tinggi. 

  1. Layanan Customer Service

Anda bisa menerapkannya dengan menampilkan ikon chat bantuan di semua halaman website Anda. Permudahlah pengunjung untuk menghubungi CS dengan menempatkan nomor CS pada bagian pojok kanan atas atau bawah. Lebih baik lagi jika Anda menampilkan ikon chat pada pojok kanan.karena walaupun semua informasi sudah tersedia di halaman website terkadang pengunjung website masih perlu bertanya kepada customer service sebelum melakukan pembelian.

  1. Landing page

Landing page adalah halaman dalam website yang didesain khusus dengan mindset marketing, halaman situs ini didesain dengan link seminimal mungkin (1-2 link). Landing page ini khusus didesain agar pengunjung tidak terlalu banyak memikirkan apa yang akan dilakukan. Dengan kata lain, landing page bertujuan untuk meningkatkan tingkat conversion.

Teknik marketing Conversion rate merupakan teknik yang dapat menentukan keberhasilan kampanye marketing online. Conversion rate adalah angka pasti yang bisa Anda jadikan pedoman dalam merencanakan strategi marketing di masa depan. Membuat website memiliki conversion yang tinggi adalah langkah cerdas agar produk Anda laku keras di pasaran. 

Anda dapat menggunakan layanan dari IMSNet.id untuk jasa pembuatan website profesional dari bikin website, Anda bebas mengcustom website sesuai dengan permintaan dan pastinya harganya bersaing dengan yang lain.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *