Bagi anda yang sering membuat sebuah website tentu tidak akan asing lagi dengan istilah cms. Namun akan berbeda keadannya ketika anda masih terbilang baru dengan dunia website atau . bagi seorang pemula pasti akan merasa cangung atau bingung jika merekadisuruh membuat sebuah website, karena basicnya anda tidak tau mengenai dunia pemrograman. Namun kini bagi anda yang masih awam dipastikan  sangat mungkin untuk membangun atau membuat sebuah website. Lalu bagaimana caranya? Caranya, kamu bisa menggunakan Content Management System atau lebih populer disebut dengan CMS. Lalu apa sih cms itu? Berikut kami berikan sedikit gambaran tetntang cms

singkatan dari Content Management System. CMS adalah sebuah sistem informasi yang berfokus pada konten. Cms berupa  software yang digunakan untuk menambahkan dan memanipulasi isi dari suatu situs website.

Kategori cms

Saat ini banyak terdapat kategori cms yang tersediak kalian dapat memilih sesuai denga kebtuhan yang diperlu, karena sudah dipastikan kebutuhan orang-orang berbeda untuk website yang dibuatnya. Misal untuk blog pribadi, perusahaan e-commerce

WordPress

WordPress memiliki 2 produk yaitu wordpress untuk blog dan wordpress yang berbasis CMS. Nah, perbedaanya terletak pada lokasi dimana website/ blog kamu diletakkan. Pernah mendengar nama blog dengan akhiran *.wordpress(dot)com. Artinya , blog kamu masih menggunakan  di server milik WordPress. Sedangkan CMS WordPress, kamu dapat meletakkannya di hosting sendiri dan memberikannya nama website dengan akhiran .COM, .NET atau yang lainnya agar terkesan lebih profesional. WordPress saat ini menjadi CMS yang banyak digunakan. WordPress adalah sebuah aplikasi open source.  Bahasan pemrograman yang digunakan yaitu php dan database MySQL

WordPress memiliki banyak keunggulan yang bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan bisnis, antara lain :

  1. Open source yang berarti WordPress bisa Anda gunakan tanpa membayar.
  2. Template dan desin sangat mudah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
  3. Banyak plugin tambahan dan template yang bisa Anda unduh dan gunakan secara gratis.
  4. Mempunyai fitur multi kategori dalam satu artikel.
  5. Fasilitas Trackback dan Pingback.
  6. Terdapat fasilitas format teks yang mirip dengan program pengolahan kata.
  7. Adanya kemudahan untuk melakukan impor dari situs lainnya.

Joomla

Seperti WordPress, Joomla juga mempunyai  ektensi dan template yang dapat Anda gunakan. Meskipun pada saat proses instalasi lebih susah dibandingkan dengan WordPress, tetapi secara keseluruhan hampir sama. Selain itu Joomla juga dapat Anda gunakan untuk beberapa kebutuhan, seperti :

  1. Joomla memiliki paket yang terpisah yang mudah untuk dikembangkan dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Sama halnya WordPress, Joomla memiliki plugin seperti WikiBot dan plugin lain yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun situs web.
  2. Joomla dibuat dengan menerapkan prinsip model – view – controller yang saat ini banyak dipakai pada pengembangan sistem perangkat lunak.

Kelebihan:

  • Mudah digunakan
  • SEO-friendly
  • Komunitas pengguna yang luas
  • Fleksibel

Drupal

Banyak pengembang website yang mengatakan bahwa cms drupal terbilang rumit jika dibandingkan dengan wordpress

Kelebihan:

Drupal memiliki fungsi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan wordpress. tapi kalau Anda tidak tahu bagaimana cara menggunakannya, fitur-fitur itu jadinya hanya tampak membingungkan dan menghalangi pekerjaan Anda sebagai pengembang website. Skalabitasnya yang  dimiliki drupal tinggi  serta Drupal menjamin kecepatan waktu loading yang sangat baik dan juga tingkat keamanan yang tidak mudah disusupi oleh cyber crime.

Prestashop

CMS prestashop banyak digunakan untuk membangun toko online. saat ini terdapat fitur-fitur canggih yang memang sengaja dikembangkan oleh developer untuk mulai membangun sebuah bisnis online. Salah satu fitur yang  bisa Anda gunakan untuk memudahkan Anda memulai bisnis online. Prestashop berbasis PHP MySQL. Secara resmi dikeluarkan pada bulan agustus 2007

Kelebihan:

  1. Prestashop mudah diatur tampilannya. Mudah diinstal, serta mudah mengedit source codenya
  2. Kamu dapat membuat sebuah toko dengan pembuatan kataolg yang tidak terbatas
  3. Adanya shopingcard yang memudahkan untuk pemesanan dan pembelian
  4. PrestaShop tersedia dalam layanan mobile, sehingga ketika kamu menggunakan software PrestaShop untuk membuat toko online, toko kamu akan muda diakses oleh berbagai platform web browser.
  5. Fitur “Sales Reports” akan sangat membantu dalam mengelola toko untuk menganalisis laporan penjualan dengan statistik yang gemilang. Laporan bisa kamu cek setiap saat.
  6. Tersedia layanan e-Marketing, di mana kamu bisa bebas berpromosi dan memanjakan pelanggan dengan ragam kemudahan dan kelengkapan informasi.
  7. Menyediakan ragam jenis pembayaran yang memudahkan konsumen dalam bertransaksi

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *