Sebagai seorang Web Developer tentu Anda tidak asing dengan istilah Bootstrap. Didalam artikel ini kita akan membahas mengenai pengertian Bootstrap beserta seluk beluknya. 

Pengertian

Bootstrap merupakan sebuah library framework CSS yang telah dibuat khusus untuk mengembangkan front end sebuah website. Bootstrap juga dikenal sebagai salah satu framework CSS, HTML, Javascript yang begitu populer di kalangan website developer atau pengembang website. 

Bootstrap adalah framework open-source khusus front end yang awalnya dibuat oleh Mark Otto dan Jacob Thornton untuk mempermudah dan mempercepat pengembangan web di front end.

Framwork ini akan menghemat waktu seorang developer karena tidak perlu mengelola template berkali-kali

fungsi utama dari Bootstrap adalah untuk membuat situs yang responsif. Interface website akan bekerja secara optimal di semua ukuran layar baik di layar smartphone maupun layar komputer/laptop.

Dalam Bootstrap memiliki 3 file utama. Pertama Bootstrap.css adalah framework yang mengatur dan mengelola layout website. Bootstrap.js File ini merupakan bagian inti dari Bootstrap. Di dalamnya terdapat file JavaScript yang bertanggung jawab atas interaktivitas website dan yang terakhir yaitu Glyphicons merupakan font ikon yang digunakan dalam proyek Web.

Berikut adalah beberapa keuntungan lainnya, mengapa Anda harus memilih Bootstrap:

  • Hemat banyak waktu
    Anda dapat menghemat banyak waktu  karena Bootstrap sendiri menyediakan banyak sekali library yang isinya berbagai macam script yang sudah siap saji untuk dipakai oleh programmer ketika mengembangkan website bagian depan. Sehingga pihak developer tidak lagi membuat waktu untuk menulis berbagai script SCC dari awal. 
  • Fitur responsif
    Dengan menggunakan Bootstrap, Anda dapat dengan mudah membuat desain yang responsif. Fitur responsive Bootstrap membuat halaman web Anda tampil lebih baik pada perangkat dan resolusi layar yang berbeda tanpa adanya perubahan markup.
  • Desain yang konsisten
    Semua komponen Bootstrap merupakan template dan gaya desain yang sama, sehingga desain dan tata letak halaman web Anda konsisten selama Anda melakukan pengembangan website.
  • Kompatibel dengan semua browser
    Bootstrap dibuat dengan browser modern dan kompatibel dengan semua browser populer seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Internet Explorer, dan Opera.
  • Open Source
    Gratis untuk diunduh dan digunakan.
  • Dokumentasi yang lengkap
    Bootstrap tidak hanya menawarkan styling untuk hampir setiap elemen yang dibutuhkan aplikasi situs web atau web biasa, namun juga menyediakan dokumentasi yang sangat lengkap dengan contoh dan demo yang membuatnya lebih mudah bagi pengguna baru sekalipun.
  • Mudah digunakan
    Bootstrap sangat mudah digunakan. Siapa saja yang memiliki pengetahuan dasar tentang HTML dan CSS dapat memulai pengembangan dengan Bootstrap.

Bootstrap adalah framework front-end gratis yang belakangan ini semakin populer di kalangan front-end developer. Fungsi utama dari Bootstrap adalah untuk membuat situs yang responsif. Interface website akan bekerja secara optimal di semua ukuran layar baik di layar smartphone maupun layar komputer/laptop. Framework bootstrap mempunyai banyak kelebihan yang dapat Anda nikmati. Anda saat ini memerlukan layanan hosting untuk website yang telah dibuat. Nikmati paket murah hosting dari IMSNet.id. paket unlimited hosting dengan harga yang sangat terjangkau. Paket hosting ditawarkan dengan harga mulai Rp 12.900/bulan

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *